Toyota Kijang (Kerjasama
Indonesia Jepang) awalnya adalah model kendaraan niaga yang kemudian
bertransformasi menjadi mobil keluarga buatan Toyota, dan merupakan kendaraan
paling populer untuk kelas minibus di Indonesia. Toyota Kijang hadir di
Indonesia sejak tahun 1977 dan saat ini merupakan salah satu model Toyota yang
sukses secara komersial sampai sekarang. Sehingga berbagai varian dan generasi
mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia.
Kesuksesan Toyota Kijang telah
berdampak dengan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsep dari Toyota
Kijang (terutama dari segi nama hewan), misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi
Kuda serta Daihatsu Zebra. Selain di Indonesia, sebelum hadirnya generasi
"Innova", Toyota Kijang juga dijual di Malaysia dengan nama
"Unser", Filipina (Toyota Tamarraw/Revo), Taiwan (Toyota Zace surf),
Vietnam (Toyota Zace), India (Qualis) dan Afrika Selatan (Toyota Condor
Hi-Roof)
Generasi I (1975-1981)
Sejarah Produksi
Peluncuran perdana dari Toyota
Kijang generasi pertama adalah pada tahun 1975, dalam acara Pekan Raya Jakarta
1975, dengan disaksikan oleh Presiden RI, Soeharto, dan Gubernur DKI Jakarta,
Ali Sadikin, di mana saat itu terdapat keraguan dari para perancangnya, tentang
apakah Toyota Kijang dapat diterima oleh pasar Indonesia. Keraguan tersebut
disebabkan karena Mitsubishi Colt merupakan jenis kendaraan yang mendominasi
pasar mobil minibus pada saat itu. Generasi pertama Toyota Kijang menerapkan
konsep pick up dengan bentuk kotak mendasar. Model ini sering dijuluki
"Kijang Buaya" karena tutup kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke
samping. Kijang generasi perdana ini diproduksi dari bulan Juni 1977 hingga
Juni 1981.
Unit Produksi
Pada tahun pertama peluncurannya
(1977), total produksi Kijang generasi pertama hanya berjumlah 1.168 unit. Tiga
tahun berikutnya, 1978, jumlahnya meningkat menjadi 4.624 unit. Jumlah produksi
Kijang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kehadiran Kijang sebagai kendaraan
multifungsi atau serbaguna yang mudah perawatannya membuat permintaan terus
meningkat. Toyota Kijang lahir sebagai kendaraan dengan konsep Basic Utility
Vehicle. Cocok sebagai kendaraan dengan konsep serba guna dan mudah untuk
dirawat. Sejalan dengan peraturan pemerintah Indonesia untuk menerapkan konsep
pembangunan ekonomi melalui pengembangan motorisasi dan otomotif di Indonesia,
khususnya melalui konsep Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS).
Konsep Produksi
Mobil dengan kode produksi KF10
ini nyaris berbentuk mirip dengan kotak buah yang ditempeli dengan 4 buah roda
dan jendela yang ditutupi dengan kain terpal pada sisi-sisi pinggirnya. Kijang
Generasi I ini dikenal masyarakat sebagai Kijang Buaya karena model buka-tutup
kap mesin depan pada hidung mobil (bonnet) yang mirip dengan mulut buaya
apabila kap mesin depan sedang dibuka. Rancangan awal kendaraan ini sangatlah
sederhana. Kijang ini memiliki pintu yang seolah-olah ditempelkan begitu saja
dengan badannya dengan engsel pintu yang mirip engsel pintu rumah yang berbunyi
mendecit bila dibuka.Terlebih lagi pada saat itu, pintu mobil tidak dilengkapi
kunci maupun alarm sebagai sistem keamanannya meski pada generasi selanjutnya
yang sudah dimodifikasi, dilengkapi dengan kunci pintu serta engkol pintu yang
masih mirip pintu rumah serta kaca pada pintu mobil.
Posisi pengemudi pada kijang ini
terletak terlalu ketengah dengan tongkat perseneling untuk transmisi mesin yang
sulit dijangkau. Mesin yang digunakan menggunakan mesin Toyota Corolla pada
zamannya dengan tipe 3K berkapasitas 1200 cc dengan transmisi 4 percepatan.
Selain keluar dengan tipe mobil bak terbuka (pick up), mobil kijang ini
dimodifikasi menjadi mobil penumpang terutama dilakukan oleh perusahaan
perusahaan karoseri mobil seperti halnya mobil mobil niaga pada masa itu di
mana rancangan bodi tidak ditangani pabriknya langsung. Sebagai contoh, mobil
ini digunakan sebagai mobil penumpang angkutan umum di kota Balikpapan pada
tahun 1980 - 1985.
Generasi II (1981-1986)
Toyota Kijang generasi II mulai
dijual pada bulan Juni 1981. Bentuk model ini tidak terlalu berbeda
dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun memiliki beberapa perubahan yang
di antaranya adalah peningkatan kapasitas silinder mesin menjadi 1.300 cc (naik
100 cc). Kapasitas ini kemudian dinaikkan lagi hingga 1.500 cc (naik 200 cc).
Sejarah Produksi
Mobil ini, walaupun disebut sebut
memiliki banyak perubahan, bentuknya masih ada kesamaan dengan Kijang Buaya.
Lampu mobil masih bulat di samping depan kanan-kiri dan gril masih sederhana
dengan tulisan TOYOTA pada bagian depan. Garis pada bonnet juga masih simpel
dan curam. Meski bukaan pada tutup kap mesin tidak lagi bukaan penuh hingga
bagian tepi hidung mobil (bonnet) seperti halnya kijang sebelumnya.
Konsep Produksi
Mobil dengan kode rangka KF20 ini
akrab sebagai Doyok (sebutan yang diambil dari sebuah serial kartun bertokoh
Doyok pada harian Pos Kota) sehingga dikenal juga sebagai Kijang Doyok. Pintu
lebih manis dengan dilengkapi kaca dengan engsel tidak lagi mirip engsel pintu
rumah dan dilengkapi kunci pada tahun 1982. Dengan mesin 4K berkapasitas 1300
cc, transmisi masih 4 percepatan. Suspensi masih double wishbone dengan per
daun pada bagian depan dan per daun under axle (di bawah gardan) pada bagian
belakang mobil.
Perjalanan mobil ini juga
diiringi perkembangan baru seperti halnya disempurnakannya transmisi dan
diferential sekaligus menambah booster rem pada tahun 1983. Toyota juga dikenal
dalam perencanaan produknya sampai 5 tahun berikutnya yang dapat dilihat
melalui pengembangan mobil ini. Pada tahun 1984 mengadakan perubahan pada gril
dan bumper, termasuk pemakaian lampu kotak. Lampu sein yang pada produksi awal
masih terletak di bumper depan, kini naik ke grill mengapit tulisan TOYOTA .
Sampai tahun 1983, permintaan
mobil ini tetap tinggi, sampai akhirnya Toyota melakukan perubahan pada mesin
yang kemudian memakai tipe 5K dengan kapasitas 1500 cc namun irit dalam
pemakaian.
Pada generasi inilah, muncul dua
tipe minibus yang dikerjakan oleh perusahaan karoseri yang ditunjuk Astra,
yaitu :
Family : minibus 3 pintu (2 di
depan dan 1 di samping kiri) dengan imbuhan "bagasi" di bagian
belakang yang sejatinya sebuah bukaan pada tempat plat nomor. Pada tipe ini,
semua kursi menghadap ke depan, dan dapat memuat 7 penumpang.
Commando : minibus 4 pintu
(dengan pintu paling belakang tipe ambulan yang terbagi dua membuka ke kedua
sisi), dengan kursi paling belakang saling berhadapan. Dapat memuat 8
penumpang. Tipe ini berlanjut sampai ke generasi III.
Generasi III (1986-1996)
Pada akhir tahun 1986, model
Toyota Kijang generasi III dilempar ke pasaran. Kijang generasi ini bentuknya
lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. Model ini hingga
saat ini masih banyak digunakan di jalanan di Indonesia meski tidak lagi
diproduksi.
Pada generasi ini, konsep Kijang
sebagai kendaraan angkut mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang sekalipun
banyak Kijang generasi sebelumnya juga dimodifikasi sebagai kendaraan
penumpang. Pada generasi ini juga masih terdapat varian pick up, meski tidak
lagi menjadi konsep utama Toyota Kijang seperti generasi sebelumnya. Di
zaman/masa ini, bisa dikatakan sebagai generasi kejayaan Kijang sebagai mobil
penumpang, terutama sebelum banyak mobil penumpang Built Up impor meramaikan
pasar kendaraan di Indonesia serta puncak dominasi Toyota atas model-model kuat
seperti Mitsubishi Colt L300 dan minibus tanpa bonnet lainnya seperti Suzuki
Carry dan Daihatsu Zebra di mana Kijang menjadi pilihan kuat konsumen saat itu.
Toyota mengeluarkan dua tipe Kijang pada generasi ini yakni tipe Super Kijang
dan Grand Extra dengan memiliki life cycle cukup panjang (lebih dari satu
dekade) dibandingkan generasi sebelumnya.
Desain mobil ini memiliki bentuk
lebih manis dan halus dibandingkan generasi lalu yang kaku mirip kotak sabun.
Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan penggunaan dempul dalam
proses pembuatannya hingga 2–5 kg dempul per mobil. Mesin pada awal generasi
ini masih memakai tipe 5K namun memiliki daya kuda (horse power) yang lebih
tinggi yakni 63 hp dari sebelumnya 61 hp. Transmisi menghadirkan 5 percepatan,
dan 4 percepatan, yang sebelumnya hanya memakai 4 percepatan.
Pada generasi ketiga ini, Toyota
Kijang memiliki varian yang cukup luas. Varian Commando, dan Ranger. varian
Commando sebagai ciri Toyota kijang ini memiliki '4 pintu' dengan plihan :
Commando LSX (Kf50 : 5 speed, Rem
cakram depan).
Commando SSX (KF40 : 5 speed, Rem
cakram depan).
Commando LX (KF50 : 4 speed).
Commando SX (KF40 : 4 speed).
Ada pula Varian
"Ranger" yang memiliki ciri memiliki '3 pintu' dengan kode sasis
'KF40', dan memiliki sistem percepatan 5speed (SSX), serta menggunakan sistem
penghenti laju rem cakram pada bagian depan. Varian 3 pintu ini sangat jarang
ditemukan, karena diproduksi hanya selama 3 tahun, antara 1987 sampai 1990 .
Peluncuran logo baru Toyota pada
November 1989, yang menjadi ciri khas mobil Toyota sampai saat ini. Selanjutnya
pada tahun 1991, Super Kijang mengalami perubahan pada sistem kemudi 'Rack
& pinion' agar sistem kemudi lebih ringan, dan penyempurnaan pada Axle 3
kople untuk mengurangi getaran. Serta penambahan power steering. Super Kijang
tersedia sampai Juni 1993.
Setelah Agustus 1992, Toyota
memasuki generasi perbaikan bodi mobil yang disebut sebagai Toyota Original
Body. Sebuah proses pembuatan bodi mobil dengan mesin press dan metode las
titik. Sampai saat ini, bisa dikatakan satu-satunya Kijang yang bebas dempul.
Pada masa ini terjadi perubahan letak tangki bensin yang awalnya berada di
bawah bemper belakang menjadi di tengah samping kiri, sedangkan posisi ban
serep yang semula diletakan di tengah samping kiri dipindah menjadi di bawah
bemper belakang.
Sementara untuk versi Deluxe
(Toyota Kijang G) terdapat perubahan khususnya pada lampu depan, grill, dan
ditambahkan power steering pada kemudi yang meringankan pengemudi. versi Grand
Extra (sebagai Varian Tertinggi) memiliki ciri penamaan LGX (Long Grand Xtra)
SGX (Short Grand Xtra) terdapat penambahan tachometer, penambahan fender, Power
Window, Alloy Wheel bermerek Enkei, dan AC double blower.
Pada bulan April 1995 terdapat
penambahan variasi mesin yaitu tipe 7K berkapasitas 1800 cc (naik 300 cc) yang
lebih bertenaga, serta diberhentikan produksinya varian mesin 5k pada tahun
yang sama juga.
Selain itu, Toyota Kijang
generasi ketiga juga menyediakan banyak rentang varian seperti : LX, LSX, LGX
(untuk sasis panjang) SX, SSX, SGX (untuk sasis pendek), khusus LX, SX (Kijang
Standar) dan pick up transmisi menggunakan 4 percepatan dan menggunakan
dashboard konvensional ala Super Kijang, serta penghenti laju rem tromol.
Selain tipe-tipe tersebut diatas
juga terdapat beberapa tipe buatan karoseri lokal, yaitu Rover (berubah menjadi
RoverAce setelah mendapat keberatan dari produsen mobil Rover, Inggris), Jantan
(Roda Nada Karya), dan Toyota Kencana. Raider dan Jantan kebanyakan menggunakan
sasis panjang, Rover sasis pendek, dan Toyota Kencana mempunyai atap yang lebih
tinggi dibanding Kijang biasanya.
Sampai saat ini, Toyota Kijang
ketiga (baik seri Super dan Grand Extra) masih banyak di pasaran mobil di
Indonesia dan masih dihargai mahal.
Toyota Kijang Soeharto Series
Pada menjelang akhir-akhir Toyota
Kijang ketiga, kira-kira tahun 1995-1996, varian Toyota Kijang Soeharto Series
diluncurkan dalam rangka memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Indonesia, 17
Agustus 1995. Bentuknya masih sama dengan varian Grand Extra. Hanya yang
membedakan dengan seri reguler adalah seri ini adalah seri pertama Toyota
Kijang yang menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Varian ini juga dikembangkan
untuk merayakan 75 Tahun Pak Harto (1921-1996) dengan nama Toyota Kijang
Soeharto Series II. Penamaan seri Soeharto ini dikarenakan Soeharto juga ikut
andil dalam meluncurkan Toyota Kijang pada tahun 1975. Harganya bahkan lebih
mahal dari seri reguler, bahkan mencapai Rp 100 juta/unit. Walaupun permintaan
akan seri ini cukup tinggi, tetapi saat ini seri Toyota Kijang ini langka
karena hanya diproduksi dari tahun 1995-1996. Dengan diluncurkannya Toyota
Kijang ini, makin mengukuhkan namanya menjadi kendaraan niaga buatan rakyat
Indonesia untuk masyarakat Indonesia.
Generasi IV (1997-2004)
Setelah sebelas tahun bertahan
dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan
perubahan pada eksterior dan interiornya menjadi lebih aerodinamis pada tahun
1997. Model ini akrab dipanggil "Kijang Kapsul". Total varian awalnya
mencapai 18 model dengan pilihan sasis (panjang/pendek) dan mesin yang berbeda
(bensin/diesel).
Mulai Kijang generasi keempat
ini, dominasi Jepang semakin besar. Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor
memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi
ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat
seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya.
Pada Kijang yang dikenal sebagai Kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua tipe mesin
yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi sebelumnya dan Mesin
diesel 2400cc (tipe 2L) tanpa turbo milik Toyota HiAce yang membuat persaingan
dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu
mendominasi pasaran Indonesia.
Pada Kijang versi tahun 1997 -
1999, mesin bensin masih menggunakan karburator, barulah pada tahun 2000,
tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Electronic Fuel
Injection (EFI). Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K-E dengan
kapasitas 1800cc bertenaga 80 hp dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000 cc bertenaga
100 hp yang diambil Dari Toyota Hilux. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi
lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin 7K-E, namun mesin bensin 2000cc
ini kurang laku di pasaran Indonesia karena konsumsi bahan bakarnya yang
dinilai lebih boros dibandingkan dengan tipe 7K-E. Kijang 2000cc ini hanya
terdapat pada tipe SGX, LGX, dan Krista. Untuk tipe LX, SX, dan pick-up
keluaran 1997 - 1999, masih menggunakan transmisi manual 4 percepatan,
sedangkan model lainnya menggunakan transmisi manual 5 percepatan.
Perubahan mesin ini dinamai New
Kijang EFI dengan mengubah desain lampu menjadi "lampu kristal" yang
menghilangkan lampu kabut built-in yang terdapat pada tipe LGX/SGX sebelumnya.
Lampu model ini juga terdapat pada lampu belakang, desain bumper baru, dan juga
desain velg roda yang berbeda serta seatbelt (sabuk keselamatan) pada jok
penumpang bagian tengah (varian SSX/LSX dan SGX/LGX). Selebihnya hampir sama
dengan sebelumnya. Opsi velg alloy racing 15" bermerek Enkei tersedia
untuk varian LSX dan SSX. Facelift terakhir mengubah bentuk lampu depan, lampu
belakang diberi hiasan ala Toyota Land Cruiser, bumper desain baru, kelir
interior baru, desain setir baru serta menghilangnya varian Diesel tipe sasis
pendek dan varian mesin 1800cc untuk tipe Krista.
Pada versi Kijang Kapsul selain
terdapat varian SX, SSX, SGX (sasis pendek) LX, LSX, LGX (sasis panjang) dan
pick up, ada juga varian Krista (berbasis varian LGX) dengan tambahan over
fender, warna body two tone dan interior lebih mewah dari LGX/SGX serta Rangga
(berbasis varian SSX) dengan tambahan over fender, warna body two tone dan ban
serep ala jip yang dipasang menempel pada pintu belakang. Krista menggunakan
sasis panjang, sedangkan Rangga menggunakan sasis Pendek. Pada generasi ini
tipe karoseri Rover Ace (umumnya berbasis sasis pendek) dan Jantan Raider
(umumnya berbasis sasis panjang) juga masih diproduksi beberapa unit.
Diproduksi juga Kijang dengan penggerak empat roda (4x4) dengan basis LGX untuk
pasar Afrika (Toyota Condor, 2000-2005). Model ini mengadopsi fitur yang jauh
lebih lengkap, bahkan airbag pengemudi dan AC climate control pun telah
tersedia. Mesinnya sama dengan pasar lain, namun khusus pasar Afrika ditawarkan
mesin diesel 3000cc 5L pada varian 4x4.
Pada generasi keempat inilah
Kijang mulai diekspor ke manca negara dengan berbagai nama, kecuali untuk
Brunei Darussalam yang tetap menggunakan nama Kijang, yaitu Malaysia dan
Singapura (Toyota Unser), Filipina (Toyota Revo), Taiwan (Toyota Zace
surf),Vietnam(Zace) dan Afrika Selatan (Toyota Condor 4x4)
Setelah Toyota Kijang Kapsul
Minibus digantikan oleh Toyota Kijang Innova pada tahun 2005, Toyota Kijang
Kapsul Pickup 1.800cc masih diproduksi hingga tahun 2007, dan Toyota Hilux
Single Cabin 2.0 VVT-i diluncurkan sebagai penerus Toyota Kijang Kapsul Pickup
1.800cc.
Generasi V (2004-2015)
Kijang kembali diperbaharui pada
tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama "Kijang Innova". Selain di
Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama
"Innova" (tanpa "Kijang"). Model ini telah mengalami
perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan model dari generasi
sebelumnya. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility
Vehicles atau kendaraan kelas bawah, maka Kijang generasi V lebih dikategorikan
sebagai kendaraan kelas menengah. Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan
futuristik, terutama di bagian depan kendaraan, di mana tidak lagi menonjolkan
bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.
Konsep Produksi
Model ini dikeluarkan oleh Toyota
Astra Motor pada tahun 2004, yang dipasarkan dengan konsep mobil keluarga jenis
MPV (Multi Purposes Vehicle) masa kini, dengan bentuk bodi yang lebih aerodinamis
beserta kenyamanan setaraf dengan sedan mewah. Posisi pengendaraan lebih
akurat, letak shift knob terjangkau dan panel instrumen yang lebih user
friendly. Generasi ini menerapkan Mesin VVT-i 2000 cc dengan jenis 1TR-FE
berkatup 16 DOHC dengan tenaga yang jauh lebih besar daripada Kijang bensin
generasi sebelumnya, yaitu sebesar 136 hp, sedangkan untuk varian dieselnya
menerapkan mesin diesel 2500 cc berkode 2KD-FTV dengan turbocharger dan sistem
penyaring solar Common Rail Direct Injection,memiliki tenaga sebesar 102 hp,
menggantikan jenis K/RZ Dan L pada generasi sebelumnya. Kijang generasi ini
dirancang dengan sistem Direct Ignition System (DIS) dan merupakan penerapan
dari teknologi pedal gas tanpa kabel atau Throttle Control System-Inteligent
dan dilengkapi oleh mesin membujur dengan penggerak roda belakang (Rear Wheel
System).
Penyempurnaan Produksi
Menggunakan Suspensi Independen
Double Wishbone dengan per keong pada bagian depan (Coil Spring) dan 4-link
Lateral Rod Rigid Axle pada bagian belakangnya, Kijang generasi ini dapat
meredam guncangan lebih nyaman. Chasis masih menggunakan Ladder Bar namun beban
suspensi dapat didistribusikan secara merata keseluruh bagian badan mobil
sehingga Body Roll dan tingkat Pitching semakin kecil atau sudut geometri
suspensi lebih handal ketimbang kijang generasi sebelumnya karena titik jatuh
suspensi yang lebih akurat berbanding antara panjang dan lebar mobil.
Penyempurnaan lain terdapat
dibagian kemudi. Pengendara dapat lebih akurat mengarahkan kemudi disetiap
tikungan. Stabilitas arah kemudi lebih handal karena menggunakan model
Rack-and-Pinion dengan Engine Speed Sensing Power Steering sehingga mobil mudah
dikendalikan dalam kecepatan 120 km/jam pada tikungan S maupun belokan memutar
270 derajat sekalipun. Kijang generasi ini mengusung dua jenis transmisi, baik
yang menggunakan transmisi otomatis maupun transmisi manual. Beberapa teknologi
pada Kijang Innova yang tidak ditemui pada generasi sebelumnya menurut klaim
Toyota Astra Motor adalah:
Mesin dengan VVT-i
Mesin Diesel D4D
D4D atau juga disebut Direct Four
Stroke Turbo Commonrail Injection . Mesin ini menggunakan sistem injeksi
Commonrail di mana bahan bakar solar akan dihisap oleh pompa bahan bakar
melalui saringan bahan bakar (fuel filter) agar dapat menghasilkan kualitas
bahan bakar solar dengan tingkat emisi gas buang yang sangat rendah. Bahan
bakar ditekan pada jalur sebelum injektor Piezo dengan tekanan tinggi sebelum
ECU memerintahkan untuk diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Sistem commonrail
akan mengatur laju tekanan bakan bakar secara elektronik, baik dari sisi
banyaknya maupun waktu penyemprotan bahan bakar. Bahan bakar disemprotkan
melalui injektor berlubang 6 dengan diameter 0.14 mm. Pada mesin ini terdapat
ECU 32 bit yang berfungsi sebagai sensor utama mesin. Keunggulan mesin ini
adalah akselerasi & performa yang optimal, beserta tingkat getaran &
suara mesin yang lebih halus yang dapat dihasilkan beserta dengan tingkatan
jumlah emisi gas buang yang lebih rendah.
Anti Maling
Mobil ini dilengkapi dengan Theft
Deterrent System yang biasa disebut Engine Immobilizer System. Fitur ini
mencegah mesin hidup apabila kode ID kunci tidak sesuai dengan yang terdapat di
ECU. Sistem ini menggunakan Chip Transponder pada setiap anak kuncinya. Di mana
coil yang dipasang pada setiap rumah kunci, amplifier dan Transfonder Key ECU,
akan menolak menyalakan mesin apabila kode ID yang didapatkan tidak sesuai
dengan kode ID yang terdapat pada kuncinya. Sebagai contoh apabila mobil
dipaksa untuk dibuka dengan kunci palsu atau kunci T.
Single Belt
Penggunaan Single Belt mengurangi
panjang dimensi mesin, bobot mesin, jumlah komponen dan beban kerja mesin
dibandingkan dengan 3 belt (AC, power steering dan altenator) pada generasi
sebelumnya.
Pedal Gas Elektronik
Sistem pedal gas (Electronics
Throtle Control System ETCS-i) membuat generasi ini dilengkapi sensor pedal gas
yang dapat mengubah setiap gerak mekanik menjadi sinyal elektrik untuk dikirim
ke ECU, di mana ECU akan menghitung setiap pembukaan throttle valve lewat motor
penggeraknya yang terletak di throttle body agar lebih optimal untuk setiap
kondisi jalan.
Bila terjadi malafungsi pada
salah satu sensor, ECU akan memerintahkan throttle body bekerja pada mode limp
(minimal) agar mobil tetap bisa dijalankan.
Sensor Ultrasonic
Sensor ini digunakan untuk
memudahkan pengedara saat parkir, sensor ini terletakkan pada bumper belakang
yang akan memberikan peringatan kepada pengendara apabila mendekati benda atau
rintangan dengan radius deteksi berjarak 150 cm dan tinggi antara 22–82 cm.
Generasi VI (2015-sekarang)
All New Kijang diluncurkan pada
tanggal 23 November 2015 di Hotel Fairmount, Jakarta. Kijang generasi keenam
ini dipasarkan dengan 3 varian utama, yaitu G sebagai varian paling murah, V
sebagai varian menengah, dan Q sebagai varian tertinggi. Ketiga varian tersebut
memiliki 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.000cc berkode 1TR-FE dengan
teknologi Dual VVT-i dan mesin diesel 2.400cc berkode 2GD-FTV dengan
intercooler dan VNT.
Mesin dengan 1TR-FE Dual VVT-i
adalah mesin bensin 1.998 cc I4, memiliki
fitur DOHC, 16 katup dan Dual VVT-i. yang memiliki tenaga 104 kW (139 hp) pada 5.600 rpm, dan 182 N · m
(18,6 kg · m) torsi pada 4.000 rpm dengan redline 6000 rpm.
Mesin dengan 2GD-FTV Turbodiesel
The 2GD-FTV adalah 2.4L (2393cc)
straight-4 common rail diesel engine dengan variable nozzle turbocharger (VNT),
VVT-i, dan intercooler. Memiliki 16 katup dan desain DOHC (double overhead
camshaft). Rasio kompresinya adalah 15,6: 1. Bore x stroke adalah 92,0 mm x
90,0 mm. Serta menghasilkan tenaga 149 PS (147 hp; 110 kW) pada 3400 rpm, dan
400 N · m (295 lbf · ft; 41 kg · m) torsi pada 1600-2000 rpm saat dikawinkan
dengan transmisi otomatis 6 kecepatan atau transmisi manual, tergantung pada
target pasar dan spesifikasi emisi.
Di Toyota Innova, mesin ini menghasilkan
tenaga 149 PS (147 hp; 110 kW) pada 3400 rpm, dan 36,7 kg · m (360 N · m; 265
lbf · ft) torsi pada 1200-2600 rpm saat dikawinkan dengan transmisi otomatis 6
kecepatan, tergantung target pasar dan spesifikasi emisi. Dengan transmisi
manual, outputnya 149 PS (110 kW; 147 hp) dan 34,9 kg · m (342 N · m; 252 lbf ·
ft)
Mesin ini pertama kali digunakan
di generasi kedua Toyota Innova (generasi keenam Toyota Kijang), generasi kedua
Toyota Fortuner dan generasi kedelapan Toyota Hilux.
Sistem Alarm
Mobil ini dilengkapi dengan Theft
Different System yang biasa disebut Engine Immobilizer System [Type V & Q].
Fitur ini mencegah mesin hidup apabila kode ID kunci tidak sesuai dengan yang
terdapat di ECU. Sistem ini menggunakan Chip Transponder pada setiap anak
kuncinya. Di mana coil yang dipasang pada setiap rumah kunci, amplifier dan
Transfonder Key ECU, akan menolak menyalakan mesin apabila kode ID yang
didapatkan tidak sesuai dengan kode ID yang terdapat pada kuncinya. Sebagai
contoh apabila mobil dipaksa untuk dibuka dengan kunci palsu atau kunci T.
SRS Airbag dan Seatbelt with Force Limiter
Supplemental Restraint System (SRS) Airbag. SRS Airbag System
dirancang untuk melengkapi sistem sabuk pengaman dan meningkatkan perlindungan
pengendara serta penumpang pada saat mengalami tabrakan atau kecelakaan
Seatbelt with Force Limiter merupakan perangkat keselamatan utama
untuk melindungi penumpang di dalam sebuah mobil yang memiliki fitur pengendur
tali sabuk pengaman yang berfungsi menjaga tekanan pada seatbelt agar tidak
terlampau kencang untuk penumpang.
ABS
ABS Adalah antilock braking
system, mencegah roda mengunci saat pengereman, bahkan pada pengereman ekstrem
sekalipun.
EBD
EBD Adalah Electronic braking
distribution. Dimana perangkat komputer akan membagi beban pengereman yang
bervariasi tergantung kebutuhan tiap roda.
Vehicle Stability Control
Teknologi komputer yang membantu
untuk menstabilkan kendali mobil jika terjadi understeer atau oversteer dengan
cara mengerem roda secara individual hingga mobil dapat dikendalikan.
Hill Assist Control
Teknologi yang menahan mobil di
jalan menanjak selama beberapa detik, sembari kaki pengemudi berpindah dari
pedal rem ke pedal gas.
Single Belt
Penggunaan Single Belt mengurangi
panjang dimensi mesin, bobot mesin, jumlah komponen dan beban kerja mesin
dibandingkan dengan 3 belt (AC, power steering dan altenator) pada generasi
sebelumnya.
Telescopic Steering Wheel
Pengaturan setir yang bisa diatur
jauh-dekatnya sesuai postur badan pengemudi.
Pedal Gas Elektronik
Sistem pedal gas (Electronics
Throtle Control System ETCS-i) membuat generasi ini dilengkapi sensor pedal gas
yang dapat mengubah setiap gerak mekanik menjadi sinyal elektrik untuk dikirim
ke ECU, di mana ECU akan menghitung setiap pembukaan throttle valve lewat motor
penggeraknya yang terletak di throttle body agar lebih optimal untuk setiap
kondisi jalan.
Bila terjadi malafungsi pada
salah satu sensor, ECU akan memerintahkan throttle body bekerja pada mode limp
(minimal) agar mobil tetap bisa dijalankan.
Ultrasonic Parking Sensor
Sensor ini digunakan untuk
memudahkan pengedara saat parkir ditempat , sensor ini terletakkan pada bumper
belakang yang akan memberikan peringatan kepada pengendara apabila mendekati
benda atau rintangan dengan radius deteksi berjarak 150 cm dan tinggi antara
22–82 cm. pada
Corner Sensor
Perangkat ini merupakan sistem
sensor ultrasonik berteknologi tinggi yang dipasang di 4 sudut bumper depan dan
belakang. Perangkat ini memastikan pengendara dapat melakukan parkir secara
aman, akurat dan mudah di segala situasi dan untuk memberikan deteksi objek di
setiap sudut kendaraan.
Shark Fin Antenna
Antenna radio yang terpasang di
atap mobil yang berbentuk seperti sirip hiu untuk membantu aerodinamika.
Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Kijang
https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_GD_engine
https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_TR_engine
Comments
Post a Comment