Sejarah dan Perkembangan Toyota Yaris

Toyota Yaris atau Toyota Vitz adalah mobil hatchback kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Yaris diluncurkan pertama kali pada tahun 1999 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, untuk memasuki pangsa pasar Eropa. Satu tahun setelah awal peluncurannya, tepatnya pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Bukan hanya itu saja Yaris juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara. Untuk pasar Asia, Yaris dirakit di Thailand, sedangkan untuk pasar Eropa, Yaris dibuat di Perancis.

Generasi Pertama (1999-2005)
Vitz atau Yaris menggantikan Toyota Starlet sebagai hatchback kecil dari Toyota. Mobil konsepnya yang bernama Funtime pertama kali dipamerkan pada pameran mobil di Frankfurt, Jerman pada akhir tahun 1997. Nama Vitz secara resmi hanya digunakan di Jepang. Di Eropa mobil ini dikenal sebagai Yaris, dan di Australia, Selandia Baru, Canada, dan beberapa negara Asia diberi nama Echo Hatchback.

Mesin yang digunakan adalah 1SZ-FE 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1300 cc, atau 1NZ-FE 1500 cc bensin. Mesin diesel 1ND-TV 1400 cc hanya tersedia di Eropa.

Di Jepang, Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia dan RS. Clavia adalah model bergaya klasik, sedangkan RS adalah model sporty. Vitz RS hadir dengan grille jaring, body kit dan interior sporty. Mobil yang sejenis dengan Vitz RS disebut Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di Canada, atau Echo Sportivo di Australia.

Generasi Kedua (2005-2013)
Toyota Vitz generasi kedua hadir di Jepang pada tahun 2005, dan dipasarkan di seluruh dunia pada tahun 2006 dengan nama Yaris. Model sport, Yaris RS dengan mesin 2ZR-FE 1.8 liter diluncurkan pada tahun 2007. Vitz atau Yaris dirakit di Jepang, Perancis, dan Thailand.

Amerika Serikat
Line up Yaris untuk Amerika Serikat terdiri dari Yaris Liftback 3 pintu, Yaris Hatchback 5 pintu, dan Yaris Sedan yang sama dengan Vios. Semuanya menggunakan mesin 1.5 liter 1NZ-FE.

Indonesia
Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand mulai tahun 2006 dengan model E dengan transmisi manual dan automatic, serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi automatic. Versi S memiliki body kit and lampu kabut, dan Push button start / stop hanya untuk model S Limited. Semua model menggunakan mesin 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan oleh Toyota Vios.

Versi facelift pertama dengan bumper depan, gril, dan lampu belakang baru tanpa LED hadir untuk model tahun 2009. Sebagai tambahan, model dasar yaitu J yang tidak memiliki SRS airbag dipasarkan dengan harga dibawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang otomatis, sedangkan model paling mahal tetap S Limited. Model TRD Sportivo muncul berbasis model J, dengan tambahan body kit dan suspensi sport serta tersedia hanya dalam tranmisi manual.

Versi facelift kedua tahun 2012 hadir dengan ubahan minor pada bumper depan dan lampu kabut, bumper dan lampu belakang yang mirip Vitz Jepang. Ubahan ini dirancang oleh desainer Toyota Astra Motor Indonesia berbasis Vitz TRD Jepang dan merupakan desain untuk pasar Asia selain Jepang. Versi TRD Sportivo tetap tersedia namun kali ini berbasis model S dengan tambahan hanya body kit dan asesoris lainnya tanpa suspensi sport. Ini merupakan facelift terakhir sebelum pergantian model secara total.

Generasi Ketiga
XP130 (2010-sekarang)
Toyota Vitz generasi ketiga diperkenalkan di Jepang pada akhir bulan Desember 2010, dan direncanakan masuk pasar ekspor pada tahun 2011. Mesin yang digunakan Vitz di Jepang adalah 1.0, 1.3, dan 1.5 liter bensin. Mesin common rail diesel 1.4 liter tersedia untuk Yaris di Eropa. Trim level untuk Vitz adalah F, U, Jewela, dan RS yang sporty.
Toyota Vitz generasi ketiga di Jepang melakukan penyegaran (facelift) pada bulan April 2014.

XP150 (2013-sekarang)
Di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor sebenarnya merencanakan peluncuran Yaris generasi ketiga (NCP130) pada tahun 2012, tetapi tidak terjadi, Toyota hanya melakukan facelift Yaris generasi kedua. Toyota Vios generasi ketiga (NCP150), versi sedan dari Yaris generasi ketiga (NCP130) sudah diluncurkan pada bulan Mei 2013. Namun di Indonesia, Yaris generasi ketiga ini berbeda dengan Yaris generasi ketiga (NCP130) versi Jepang, Eropa, Australia dan Amerika, ternyata berbasis kode yang sama dengan Toyota Vios (NCP150), yang diperkenalkan pada bulan Desember 2013 dan diluncurkan pada tanggal 17 Maret 2014. Sebelumnya Toyota Yaris (NCP150) sudah dipasarkan di China dan Thailand pada tahun 2013.

Di Indonesia, Yaris generasi ketiga (NCP150) dirakit di Karawang, Jawa Barat, dan tersedia dalam tiga tipe, yaitu E, G dan TRD Sportivo dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Mesin yang digunakan pada Yaris generasi ketiga (NCP150) masih seperti pada generasi sebelumnya.
Yaris generasi ketiga (NCP150) diperbaharui pada tanggal 3 November 2016, dan juga tersedia dalam varian terbaru, Yaris Heykers, dan menggunakan mesin 1500 cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua dan Toyota Sienta generasi kedua.


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Yaris

Comments