Sejarah dan Perkembangan Game Konsol Nintendo

Perusahaan elektronik konsumen multinasional Jepang – Nintendo telah mengembangkan tujuh konsol video game rumahan dan beberapa konsol portabel yang menggunakan media eksternal, serta konsol khusus dan perangkat keras lainnya untuk konsol mereka. Pada tanggal 30 September 2015, Nintendo telah menjual lebih dari 722,22 juta unit perangkat keras.
Meskipun sebelumnya perusahaan ini telah merilis Color TV Game dan Game & Watch, yang merupakan sistem pertama dan kedua mereka, namun tidak mencapai kesuksesan di seluruh dunia sampai peluncuran Nintendo Entertainment System (NES) pada tahun 1983. NES memulai kembali industri video game, setelah crash video game tahun 1983, dan sukses secara internasional. Pada tahun 1989, Nintendo merilis Game Boy, yang menjadi konsol genggam pertama yang dijual dalam jumlah besar. Pada awal 1990-an, dominasi pasar Nintendo mulai berkurang, meskipun pada tahun 1990 Super Nintendo Entertainment System (SNES) membukukan penjualan yang tinggi, namun Mega Drive / Genesis adalah pesaing yang sangat kuat. Nintendo dan Sega akan kehilangan sebagian besar pasar konsol menjelang akhir tahun 1990an, karena Sony Computer Entertainment's PlayStation menjadi konsol yang paling populer, mengalahkan Nintendo 64, meski Nintendo berhasil menjual lebih dari Sega Saturn.

The Dreamcast, yang dirilis pada tahun 1999, PlayStation 2, dirilis pada tahun 2000, dan Microsoft's Xbox, yang dirilis pada tahun 2001, pada akhirnya akan mengasingkan Nintendo ke tempat ketiga di pasar internasional, terlepas dari peluncuran GameCube. Namun, mereka mempertahankan keunggulan mereka di pasar konsol genggam, dengan model Game Boy Color dan Advance. Menjelang pertengahan tahun 2000an, Nintendo memperkenalkan perangkat genggam pertama yang sukses dengan layar sentuh (DS) dan konsol pertama yang berhasil dirancang untuk input yang dikendalikan gerakan (Wii); perangkat menjadi beberapa perangkat konsol genggam terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2010, Nintendo menjadi perusahaan besar pertama yang merilis konsol game genggam dengan kemampuan 3D stereoskopik, dengan 3DS, yang memiliki penjualan sangat tinggi sejak awal. Wii U, yang dirilis pada tahun 2012, jauh kurang berhasil, dan penjualannya secara signifikan lebih rendah dari perkiraan. Kemudian pada bulan Maret 2017 Konsol terbaru dari Nintendo – Nintendo Switch, dirilis.

Konsol Rumahan
Color TV-Game
The Color TV-Game adalah rangkaian lima konsol rumah yang khusus dirilis hanya di Jepang. Masing-masing konsol berisi beberapa permainan dan sebuah built-in controller. Secara total, sekitar 4 juta unit terjual. Seri Color TV-Game terdiri dari:
    -   Color TV-Game 6, dirilis 1 Juni 1977, dengan enam variasi Pong:           Tennis, Hockey, dan Volleyball in Singles atau Doubles mode. Dijual        sekitar 1 juta unit.
    -  Color TV-Game 15, dirilis 8 Juni 1977, dengan 15 variasi Pong. Inilah     konsol yang paling populer di seri ini, terjual lebih dari 1 juta unit.
      -  Color TV-Game Racing 112, dirilis 8 Juni 1978, dengan game racing. Terkemuka karena menjadi proyek 
         Nintendo pertama yang dikerjakan Shigeru Miyamoto. Terjual sekitar setengah juta unit.
      -  Color TV-Game Block Breaker, dirilis 23 April 1979, dengan game berbasis Breakout. Terjual sekitar 
         setengah juta unit.

      -   Computer TV-Game, dirilis pada tahun 1980, dengan Computer Othello. Terjual dalam jumlah terbatas.

Nintendo Entertainment System
Dirilis pada tanggal 15 Juli 1983, Nintendo Entertainment System (NES) adalah konsol video game 8 bit yang diluncurkan oleh Nintendo di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, Oceania dan Afrika dan merupakan konsol video game pertama Nintendo yang diluncurkan di luar Jepang. Di Jepang, konsol tersebut dikenal sebagai "Family Computer" (atau "Famicom", seperti yang biasa disingkat). Terjual 61.91 juta unit di seluruh dunia, NES membantu merevitalisasi industri video game setelah crash video game tahun 1983 dan menetapkan standar untuk konsol berikutnya dalam segala hal mulai dari desain permainan hingga praktik bisnis. NES adalah konsol pertama yang produsennya secara terbuka bagi pengembang pihak ketiga. Banyak franchise Nintendo yang paling ikonik, seperti The Legend of Zelda dan Metroid yang dimulai di NES. Nintendo terus memberikan dukungannya terhadap konsol Famicom di Jepang sampai 31 Oktober 2007, kemudian dukungan tersebut dihentikan karena peningkatan kekurangan komponen yang diperlukan.
Nintendo merilis versi berbasis perangkat lunak Nintendo Entertainment System pada tanggal 10 November 2016. Disebut NES Classic Edition, ini adalah konsol khusus yang hadir dengan satu kontroler dan 30 permainan preloaded.

Super Nintendo Entertainment System
Dirilis pada tanggal 21 November 1990, Super Nintendo Entertainment System, yang secara resmi disingkat Super NES atau SNES dan bahasa sehari-hari disingkat menjadi Super Nintendo, adalah konsol video game 16 bit yang dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, Oceania dan Afrika. Di Jepang dikenal sebagai "Super Famicom". Di Korea Selatan, ini dikenal dengan nama Super Comboy dan didistribusikan oleh Hyundai Electronics.
Super NES adalah konsol rumahan kedua Nintendo, setelah Nintendo Entertainment System. Sementara konsol sebelumnya telah berjuang di wilayah PAL dan sebagian besar wilayah Asia, Super NES adalah sebuah kesuksesan global, meskipun  tidak dapat menandingi popularitas pendahulunya di Asia Timur Laut dan Amerika Utara - karena meningkatnya persaingan dari konsol Sega Genesis (dirilis di Eropa sebagai Mega Drive). Meskipun relatif terlambat, Super NES menjadi konsol terlaris di era 16-bit, yang menjual 49,10 juta sistem di seluruh dunia. Super NES dikenal karena mengupgrade beberapa waralaba Nintendo yang paling terkenal, dan membuat game menjadi lebih kritis, seperti Super Metroid, The Legend of Zelda: A Link to The Past, Final Fantasy IV dan VI, Donkey Kong Country dan Super Mario World, juga beberapa franchise populer seperti Star Fox dan Mega Man X.

Nintendo 64
Dirilis pada 23 Juni 1996, Nintendo 64, yang biasa disebut N64, dengan kode nama Ultra 64, adalah konsol video game ketiga Nintendo untuk pasar internasional. Dirilis dengan tiga game pada saat peluncuran di Jepang (Super Mario 64, Pilotwings 64 dan Saikyo Habu Shogi) dan dua game di Amerika Utara (Super Mario 64 dan Pilotwings 64). Wilayah PAL juga memiliki tiga judul peluncuran (Super Mario 64, Shadows of the Empire dan Pilotwings 64) serta Turok: Dinosour Hunter yang sempat tertunda sampai tiga hari setelah diluncurkan. Game utama lainnya termasuk Donkey Kong 64, Diddy Kong Racing, Banjo-Kazooie, dua game di seri The Legend of Zelda, GoldenEye 007, Mario Kart 64, Super Smash Bros. dan Star Fox 64. Nintendo 64 terjual 32,93 juta sistem.

Nintendo Game Cube
Nintendo GameCube (biasanya disingkat menjadi GameCube) adalah konsol game generasi keenam Nintendo, generasi yang sama dengan Sega's Dreamcast, Sony PlayStation 2 dan Xbox Microsoft. GameCube adalah konsol generasi keenam yang paling kompak, konsol game pertama Nintendo yang menggunakan cakram optik dan bukan kartrid permainan. Sebuah kesepakatan dengan produsen optical drive Matsushita menyebabkan sistem GameCube DVD-playing bernama Panasonic Q, yang dirilis di Jepang. Sebagian besar lini inti Nintendo berpusat pada sekuel waralaba hit mereka yang sudah terkenal seperti Super Mario Sunshine, Super Smash Bros. Melee, Legenda Zelda: Wind Waker, Metroid Prime, Pokémon Colosseum dan Star Fox Adventures, sementara waralaba baru seperti Animal Crossing dan Pikmin. GameCube telah terjual 21,74 juta unit.

Nintendo Wii
Wii dirilis pada 19 November 2006 sebagai konsol rumah generasi ketujuh Nintendo. Nintendo merancang konsol tersebut untuk menarik penonton yang lebih luas daripada pesaing utamanya, PlayStation 3 dan Xbox 360, termasuk pemain dan penonton biasa yang baru mengenal video game.
Tujuan ini ditekankan oleh fitur pembeda konsol, Wii Remote - pengendali gerak genggam yang dapat mendeteksi gerakan dan rotasi dalam tiga dimensi, menggunakan campuran sensor internal dan posisi inframerah. Pengontrol termasuk port ekspansi yang dapat digunakan untuk menghubungkan aksesori lainnya, seperti Nunchuk-an attachment dengan stick analog dan tombol tambahan, gamepad "Classic Controller" yang menyediakan skema kontrol tradisional, dan Wii MotionPlus-aksesori yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pendeteksian gerakan dari model Wii Remote asli.
Perangkat keras internal Wii adalah turunan yang diperbarui dari GameCube; dibandingkan dengan pesaingnya, Wii memiliki kemampuan grafis keseluruhan yang lebih rendah, dan tidak menghasilkan definisi tinggi. Wii juga menampilkan fitur internet-enabled; layanan Wi-Fi Connection Nintendo memungkinkan permainan yang didukung untuk menawarkan multiplayer online dan fitur lainnya, sementara fitur WiiConnect24 memungkinkan pesan dan update untuk didownload saat konsol berada dalam keadaan standby. Melalui Wii Shop Channel, game dan aplikasi tambahan dapat didownload atau dibeli melalui  konsol, termasuk Virtual Console-pilihan permainan video klasik yang ditiru dari konsol yang lebih tua.
Wii sukses besar bagi Nintendo; pada bulan April 2007, Wall Street Journal menyatakan bahwa Nintendo telah "menjadi perusahaan patut diperhitungkan pada bisnis game", dengan alasan keberhasilan Wii dan jalur Nintendo DS portabel. Pada tanggal 31 Desember 2013, Wii telah menjual 100,90 juta unit di seluruh dunia. Wii Sports - koleksi minigame olahraga yang dirancang untuk memanfaatkan Wii Remote, digabungkan dengan konsol di luar Jepang, dan memiliki dampak budaya utama sebagai "aplikasi pembunuh" konsol di antara penonton mainstream. 

Nintendo Wii U
Wii U dirilis pada 18 November 2012 sebagai pengganti langsung Wii, dan entri pertama di konsol game video game kedelapan. Fitur perangkat keras yang membedakan Wii U adalah GamePad, pengendali mirip tablet yang berisi layar sentuh yang secara nirkabel mengalirkan output video dari konsol. Tampilan GamePad dapat digunakan untuk memberikan perspektif alternatif dalam permainan, atau sebagai tampilan utama sebagai pengganti sebuah televisi. Secara khusus, Nintendo mempromosikan konsep multiplayer "asimetris", di mana pemain dengan GamePad memiliki tujuan dan perspektif yang berbeda dari pada pemain lain. Bersamaan dengan GamePad, Wii U mendukung pengendali dan game Wii. Gamepad konvensional yang dikenal dengan Wii U Pro Controller juga dirilis.
Wii U menampilkan fungsionalitas online yang lebih luas daripada Wii, menggunakan platform Nintendo Network; Seperti halnya Wii, game ini mendukung multiplayer online dan mendownload dan membeli game dan aplikasi baru, namun juga memungkinkan obrolan video, dan menampilkan jaringan sosial internal yang dikenal dengan Miiverse, yang memungkinkan pengguna menulis dan menggambar posting di komunitas game. Nintendo juga mencoba untuk memberikan pengalaman layar kedua untuk program televisi untuk Wii U melalui fitur yang dikenal sebagai Nintendo TVii,   namun dihentikan di luar Jepang pada bulan Agustus 2015. Berbeda dengan Wii, perangkat keras Wii U mampu menampilkan gambar berdefinisi tinggi.
Wii U menerima tanggapan awal yang hangat, walaupun dengan peluncuran yang kurang “wah”, serta mengurangi komitmen pihak ketiga terhadap platform, dan waktu peluncurannya yang hampir bersamaan dengan PlayStation 4 dan Xbox One pada tahun berikutnya. Namun, beberapa kritikus berpendapat bahwa Wii U masih memiliki kelebihan dibandingkan PS4 dan Xbox One, termasuk biaya yang lebih rendah dan awalan awal yang luar biasa seperti Super Mario 3D World.  Penjualan terus meningkat setelah peluncuran beberapa eksklusif eksklusif pihak pertama, termasuk entri baru di franchise Mario Kart dan Super Smash Bros., dan franchise Splatoon yang baru.
Pada bulan Januari 2017, juru bicara Nintendo menyatakan bahwa produksi konsol tersebut telah berakhir, dengan hanya terjual 13,94 juta unit.

Nintendo Switch
Nintendo Switch adalah perangkat hibrid yang bisa digunakan sebagai konsol rumahan yang dimasukkan ke Nintendo Switch Dock yang terpasang pada televisi, diletakkan di atas meja dengan kickstand, atau sebagai konsol portabel seperti tablet, dengan fitur dua pengendali nirkabel yang dapat dilepas “Joy-Cons”, yang dapat digunakan secara individual atau melekat pada pegangan untuk menyediakan bentuk permainan pad yang lebih tradisional. Joy-Cons keduanya dibangun dengan sensor gerak dan HD Rumble, sistem umpan balik haptic Nintendo untuk meningkatkan pengalaman gameplay. Namun, hanya Joy-Con yang tepat yang memiliki pembaca NFC pada joystick analog untuk Amiibo dan sensor IR di bagian belakang. Nintendo Switch Pro Controller adalah pengendali gaya tradisional seperti Gamecube. Konsol yang mengungkapkan trailernya  yang ditayangkan perdana pada 20 Oktober 2016 dan memamerkan fungsi hibrida dari sistem serta rekaman dari The Legend of Zelda: Breath Of The Wild dan dari judul baru waralaba yang potensial di Super Mario, Mario Kart, dan Splatoon yang kemudian diubah dan diumumkan sebagai Super Mario Odyssey, Mario Kart 8 Deluxe, dan Splatoon 2.

Konsol portabel
Game & Watch
Game & Watch series adalah game elektronik genggam buatan Nintendo dan diciptakan oleh perancang
game Gunpei Yokoi dari tahun 1980 sampai 1991. Sebagian besar menampilkan satu game yang bisa dimainkan di layar LCD, selain jam dan alarm. Sebagian besar perangkat memiliki tombol "GAME A" dan "GAME B". Game B biasanya lebih cepat, versi yang lebih sulit dari Game A. Model yang berbeda dibuat, dengan beberapa konsol memiliki dua layar (Multiscreen Series) dan desain “Clam-Shell”. Nintendo DS kemudian menggunakan kembali desain ini. Game & Watch membuat handheld sangat populer. Banyak perusahaan mainan mengikuti jejak Game & Watch, seperti Tiger Electronics dengan game bertema Star Wars mereka. Unit Game & Watch Nintendo akhirnya digantikan oleh Game Boy yang asli. Setiap Game & Watch hanya bisa memainkan satu game, karena penggunaan layar LCD tersegmentasi yang telah dicetak sebelumnya dengan overlay. Kecepatan dan daya tanggap permainan juga terbatas pada saat LCD diganti negara. Game & Watch terjual lebih dari 80 juta unit di seluruh dunia.

Game Boy

Game Boy adalah konsol game genggam pertama yang dijual oleh Nintendo yang menampilkan kartrid yang dapat diganti untuk setiap permainan, tidak seperti Game & Watch yang memiliki sistem yang berbeda untuk setiap permainan. Dirilis pada tahun 1989 di Jepang, merupakan salah satu konsol game terlaris di dunia, dengan lebih dari 100 juta unit terjual di seluruh dunia. Game Boy klasik dijual dalam sejumlah revisi dan variasi yang berbeda, termasuk Game Boy Pocket yang disederhanakan dan Game Boy Light di Jepang. Pada tahun 1998, Nintendo merilis Game Boy Color, platform Game Boy baru dengan grafis warna. Gabungan,  Game Boy dan Game Boy Color terjual 118,69 juta unit di seluruh dunia.

Virtual Boy

Nintendo's Virtual Boy (juga dikenal sebagai VR-32 ) adalah konsol game portabel pertama yang mampu menampilkan grafis 3D yang sebenarnya. Sebagian besar video game dipaksa untuk menggunakan isyarat monokular untuk mencapai ilusi tiga dimensi pada layar dua dimensi, namun Virtual Boy mampu menciptakan ilusi kedalaman yang lebih akurat melalui efek yang dikenal sebagai paralaks. Nintendo 3DS juga menggunakan teknologi ini. Dengan cara yang mirip dengan menggunakan display yang terpasang di kepala, pengguna melihat ke dalam lensa mata yang terbuat dari neoprene di bagian depan mesin, dan kemudian proyektor gaya kacamata memungkinkan tampilan gambar monokromatik (dalam hal ini, merah). Ini dirilis pada tanggal 21 Juli 1995 di Jepang dan 14 Agustus 1995 di Amerika Utara dan dengan harga sekitar US $ 180.  Dengan 14 judul yang dirilis untuk Virtual Boy di Amerika Utara, namun hanya sedikit yang disambut dengan penerimaan positif. Sistem ini jarang disebutkan oleh Nintendo, namun terlihat melalui microgames di game WarioWare. Nintendo menghentikan Virtual Boy dalam beberapa bulan setelah rilis.

Game Boy Color

Pada tahun 1998, Nintendo memperkenalkan Game Boy Color sebagai penerus Game Boy pertama. Memiliki layar warna dan prosesor 8 bit dan unit pemrosesan Zilog Z80. Dibuat untuk bersaing dengan WonderSwan Color dan Neo Geo Pocket. Game terlarisnya adalah seri Pokémon Gold and Silver.



Game Boy Advance

Pada tahun 2001, Nintendo memperkenalkan Game Boy Advance, upgrade teknologi utama pertama ke game Boy Boy. Nintendo kemudian merilis dua model revisi Game Boy Advance, Game Boy Advance SP dan Game Boy Micro. Game Boy Advance SP memiliki desain clamshell yang lebih kecil, dan memperkenalkan lampu layar built-in dan baterai isi ulang yang menjadi fitur standar untuk handheld Nintendo masa depan. Game Boy Micro adalah varian yang lebih kecil dengan desain faceplates. Tiga model Game Boy Advance telah terjual 81,51 juta unit di seluruh dunia.

Nintendo DS

Nintendo DS (disingkat NDS atau DS, dan iQue DS di China) adalah konsol permainan genggam yang dikembangkan dan diproduksi oleh Nintendo, yang diluncurkan pada tahun 2004. Produk Ini menggunakan desain clamshell horizontal, dan kehadiran dua display, bagian bawah yang berfungsi sebagai touchscreen. Sistem ini juga memiliki mikrofon built-in dan mendukung standar IEEE 802.11 (Wi-Fi) nirkabel, yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi satu sama lain dalam jarak dekat (10-30 meter, tergantung pada kondisi) atau melalui layanan Wi-Fi Connection Nintendo melalui jalur akses Wi-Fi standar. Menurut Nintendo, huruf "DS" dalam nama berdiri untuk "Developers 'System" dan "Double Screen", yang pertama mengacu pada fitur dari handheld yang dirancang untuk mendorong gagasan gameplay yang inovatif di kalangan pengembang. Sistem ini dikenal sebagai "Proyek Nitro" selama pengembangan. 
Pada tanggal 2 Maret 2006, Nintendo merilis Nintendo DS Lite, model Nintendo DS yang didesain ulang, di Jepang. Itu kemudian dirilis di Amerika Utara, Australia dan Eropa.
Per 31 Desember 2013, konsol Nintendo DS telah terjual 153,98 juta unit, termasuk 93,86 juta Nintendo DS Lites.
Desain ulang kedua Nintendo DS, Nintendo DSi, dirilis pada tanggal 1 November 2008 di Jepang pada tanggal 2 April 2009 di Australia, 3 April 2009 di Eropa, dan 5 April 2009 di Amerika Utara. Berisi dua kamera dan kemampuan perangkat lunak yang dapat didownload, ditambah memori flash dan browser web built-in. Slot kartu SD menggantikan slot kartrij Game Boy Advance. Model serupa, yang dikenal dengan Nintendo DSi XL, dirilis pada tahun 2010. Fitur ini memiliki konfigurasi yang sama dengan pendahulunya, namun sedikit lebih besar dan dilengkapi stylus besar yang dirancang untuk penggunaan di rumah. Per 31 Desember 2013, konsol Nintendo DSi telah terjual 41,33 juta unit.

Nintendo 3DS

Meskipun nama dan tampilan perangkat serupa dengan seri DS, 3DS adalah penerus DS dan konsol baru. Berisi tiga kamera, dua di bagian luar (untuk foto 3D) dan satu di atas layar atas. Layar bawahnya adalah layar sentuh yang sebanding dengan layar bawah DS, dan layar atas adalah Wide Screen dan LCD 3D autostereoscopic. Autostereoscopy adalah proses yang mengirimkan gambar berbeda ke mata kiri dan kanan agar pemirsa dapat melihat layar secara 3D "tanpa memerlukan kacamata khusus". Pada 2012, XL 3DS dilepas, mirip dengan perubahan antara DSi dan DSi XL. Ini memiliki layar 90% lebih besar dan perubahan desain seperti matte finish dan stylus di area yang lebih mudah diakses. The 2DS dirilis pada 12 Oktober 2013. Ini adalah varian yang dirancang agar terjangkau tanpa desain clamshell atau kemampuan 3D 3DS. Desain ulang lainnya, New Nintendo 3DS, dirilis di Jepang pada bulan Oktober 2014, Australia untuk bulan November 2014, dan di tempat lain pada bulan Februari 2015. Ini mencakup tombol bahu C-Stick, ZR dan ZL, dan CPU yang lebih cepat, yang memungkinkan perangkat lunak lebih banyak khusus untuk NintendoS 3D Baru (seperti Xenoblade Chronicles 3D). Seperti 3DS asli, New Nintendo 3DS juga memiliki bentuk XL. Per 31 Desember 2013, Nintendo telah terjual 42,74 juta unit, termasuk 15,21 juta Nintendo 3DS XLs dan 2,11 juta unit Nintendo 2DS.
Konsol genggam terbaru dari Nintendo adalah Nintendo 2DS XL Baru, yang dirilis pada bulan Juli 2017 di lima negara yang berbeda.

Perangkat Nintendo lainnya
   -     Game Boy Camera - cartridge kamera monokrom untuk versi asli           Game Boy yang menyertakan editor gambar dan kemampuan untuk        mencetak gambar melalui Game Boy Printer
   -    Satellaview - hanya dirilis di Jepang, sebuah add-on untuk Super           Famicom (SNES Jepang) yang memungkinkan seseorang untuk             mendownload game dari satelit
    -   Game Boy Player - sebuah adaptor untuk bermain game Game Boy        di GameCube

-     Game Boy Printer - adaptor yang dirancang untuk mencetak barang dari Game Boy ke stiker perekat. Misalnya, ini digunakan untuk mencetak gambar Game Boy Camera dan informasi Pokémon dari Pokédex di game Game Boy Pokémon.
-          iQue Player - versi Nintendo 64, dengan kecepatan dua jam dan permainan yang dapat didownload, hanya dirilis di China
-          iQue DS - versi Nintendo DS yang dirilis hanya di China
-          Nintendo 64DD - hanya dirilis di Jepang, permainan sistem add-on ini ada pada disk magnetik yang dapat ditulis ulang. Game yang dirilis mencakup paket pengembangan cat dan 3D, F-Zero X Expansion Kit, untuk membuat trek F-Zero X baru, sebuah sekuel dari versi SNES dari SimCity, SimCity 64 dan lainnya.
-     Pokémon Mini - diresmikan di London pada Natal 2000, Pokémon Mini adalah konsol Nintendo yang paling murah yang pernah diproduksi; dengan permainan seharga £ 10 ($ 15), dan konsol seharga £ 30 ($ 45). Ini tetap merupakan konsol game berbasis cartridge terkecil yang pernah dibuat.
-    Mobile System GB - dirilis di Jepang pada tanggal 14 Desember 2000. Mobile System adalah adaptor untuk memainkan game Game Boy Color di ponsel. Pokémon Crystal adalah game pertama yang memanfaatkan Mobile System. Pemain dapat menghubungkan adaptor ke Game Boy mereka dan menghubungkannya ke ponsel yang orang dapat menerima berita, perdagangan, dan pertempuran dengan pemain lain di seluruh Jepang.
-     Pokémon Pikachu - perangkat genggam yang mirip dengan mainan Tamagotchi yang populer yang memungkinkan pengguna merawat Pikachu dengan cara hewan peliharaan
-        Super Game Boy - adaptor untuk bermain game Game Boy di Super NES, ditampilkan dalam warna
-   Triforce - sistem arcade berbasis perangkat keras GameCube, dikembangkan dalam kemitraan dengan Sega dan Namco
-          Yakuman - game mahjong genggam yang dirilis pada tahun 1983
-       GameCube Microphone - digunakan di Karaoke Revolution Party, Mario Party 6, Mario Party 7 dan Odama untuk GameCube. Ini mengenali suara dasar dan menggabungkannya ke dalam gameplay.
-        Nintendo Gateway - konsol perangkat keras / perangkat lunak berpemilik yang tersedia di pesawat komersial dan properti hotel, menyediakan hiburan, informasi, dan hiburan interaktif
-          Panasonic Q - versi GameCube yang bisa memutar DVD yang dikembangkan oleh Panasonic

-   Pokéwalker - Pedometer yang digunakan di Pokémon HeartGold dan SoulSilver yang dapat digunakan untuk meningkatkan game Pokémon HeartGold dan SoulSilver Anda dengan memberikan beberapa Pokémon dan item khusus serta manfaat tambahan lainnya yang bergantung pada berapa banyak langkah yang dapat dilakukan.
-    Activity Meter - Inframerah (IR) Pedometer untuk menggunakan game Nintendo DS, Personal Trainer: Walking
-          Fit Meter - aksesori portabel untuk digunakan dengan game Wii U, Wii Fit U, yang melacak jumlah langkah yang diambil dan ketinggiannya naik. Bisa disinkronkan dengan game menggunakan Wii U GamePad.

 Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Nintendo_video_game_consoles















Comments