PlayStation
adalah merek game yang terdiri dari empat konsol permainan video rumahan, serta
media center, layanan online, sederetan pengendali, dua handheld dan telepon,
serta beberapa majalah. Ini dibuat dan dimiliki oleh Sony Interactive
Entertainment sejak 3 Desember 1994, dengan diluncurkannya PlayStation asli di
Jepang.
Konsol asli dalam serial ini
adalah konsol video game pertama yang mengapalkan 100 juta unit, 9 tahun dan 6
bulan setelah peluncuran awalnya. Penggantinya, PlayStation 2, dirilis pada
tahun 2000. PlayStation 2 adalah konsol rumah terlaris sampai saat ini, yang
telah mencapai lebih dari 155 juta unit terjual pada tanggal 28 Desember 2012. Konsol
berikutnya dari Sony, PlayStation 3, dirilis pada tahun 2006 dan telah terjual
lebih dari 80 juta konsol di seluruh dunia mulai November 2013. Konsol terbaru
Sony, PlayStation 4, dirilis pada tahun 2013, menjual 1 juta konsol dalam 24
jam pertama penjualannya, menjadi konsol penjualan tercepat sepanjang sejarah.
Konsol game genggam pertama
di seri PlayStation, PlayStation Portable atau PSP, terjual sebanyak 80 juta
unit di seluruh dunia pada bulan November 2013. Penggantinya, PlayStation Vita,
yang diluncurkan di Jepang pada tanggal 17 Desember 2011 dan di sebagian besar
wilayah utama lainnya pada bulan Februari 2012, telah terjual lebih dari 4 juta
unit pada bulan Januari 2013. PlayStation TV adalah microconsole dan varian
non-portabel dari konsol game PlayStation Vita. Perangkat keras lain yang
dirilis sebagai bagian dari seri PlayStation mencakup PSX, perekam video
digital yang terintegrasi dengan PlayStation dan PlayStation 2, meski berumur
pendek karena harga yang tinggi dan tidak pernah dirilis di luar Jepang, dan
juga Sony Bravia. pesawat televisi yang memiliki PlayStation yang terintegrasi pengendali
utama yang digunakan oleh seri PlayStation-DualShock, yang merupakan rangkaian
gamepad yang telah terjual 28 juta mulai 28 Juni 2008.
PlayStation Network adalah
layanan online dengan lebih dari 110 juta pengguna di seluruh dunia (per Juli
2013). Ini terdiri dari pasar virtual online, PlayStation Store, yang
memungkinkan pembelian dan unduhan game dan berbagai bentuk multimedia, layanan
online berbasis langganan yang dikenal sebagai PlayStation Plus dan layanan
jejaring sosial yang disebut PlayStation Home, yang memiliki lebih dari 41 juta
pengguna di seluruh dunia pada saat penutupannya pada bulan Maret 2015. PlayStation
Mobile (sebelumnya PlayStation Suite) adalah kerangka kerja perangkat lunak
yang menyediakan konten PlayStation pada perangkat mobile. Versi 1.xx mendukung
PlayStation Vita, PlayStation TV dan perangkat tertentu yang menjalankan sistem
operasi Android, sedangkan versi 2.00 yang dirilis pada tahun 2014 hanya akan
menargetkan PlayStation Vita dan (opsional) PlayStation TV. Konten yang akan
dirilis dalam kerangka hanya terdiri dari game PlayStation asli saat ini.
Produk PlayStation generasi
ke-7 juga menggunakan XrossMediaBar, yang merupakan antarmuka pengguna grafis memenangkan
penghargaan. Antarmuka berbasis layar sentuh yang disebut LiveArea diluncurkan
untuk PlayStation Vita, yang mengintegrasikan elemen jejaring sosial ke dalam
antarmuka. Selain itu, konsol PlayStation 2 dan PlayStation 3 juga menampilkan
dukungan untuk sistem operasi berbasis Linux; Linux untuk PlayStation 2 dan
OtherOS masing-masing, meski sejak saat ini telah dihentikan. Serial ini juga
telah dikenal karena berbagai kampanye pemasarannya, yang terakhir menjadi
iklan "Kebesaran Menanti" di Amerika Serikat.
Serial ini juga memiliki
jajaran judul partai pertama yang kuat karena Sony Interactive Entertainment
Worldwide Studios, yang terdiri dari lima belas pengembang pihak pertama yang
dimiliki oleh Sony Interactive Entertainment yang berdedikasi untuk
mengembangkan game untuk seri pertama. Selain itu, seri ini menampilkan
berbagai rilis ulang anggaran judul oleh Sony dengan nama berbeda untuk
masing-masing daerah; Ini termasuk jajaran lagu Greatest Hits, Platinum,
Essentials, Favorites dan The Best.
Asal
usul
PlayStation adalah gagasan
Ken Kutaragi, seorang eksekutif Sony yang baru saja selesai mengelola salah
satu divisi teknik perangkat keras perusahaan pada saat itu dan kemudian akan
dijuluki sebagai "Bapak dari PlayStation".
Asal konsol dimulai pada
tahun 1988 di mana awalnya merupakan proyek gabungan antara Nintendo dan Sony
untuk membuat CD-ROM untuk Super Famicom. Meskipun Nintendo menyangkal adanya
kesepakatan Sony sampai akhir Maret 1991, Sony mengungkapkan sebuah Super
Famicom dengan drive CD-ROM built-in, yang menggabungkan teknologi Green Book
atau CD-i, yang disebut "Play Station" (juga yang dikenal sebagai
SNES-CD) di Consumer Electronics Show pada bulan Juni 1991. Namun, sehari
setelah pengumuman di CES, Nintendo mengumumkan bahwa mereka akan melepaskan
kemitraannya dengan Sony, memilih untuk pergi dengan Philips alih-alih
menggunakan teknologi yang sama. Kesepakatan itu dipecahkan oleh Nintendo
setelah mereka tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai bagaimana pendapatan
akan terbelah antara kedua perusahaan tersebut. Pembubaran kemitraan tersebut
membuat marah Presiden Sony Norio Ohga, yang menanggapi dengan menunjuk
Kutaragi dengan tanggung jawab untuk mengembangkan proyek PlayStation untuk
menyaingi Nintendo.
Pada saat itu, negosiasi
masih berlangsung antara Nintendo dan Sony, dengan Nintendo menawarkan Sony
sebuah "peran non-game" mengenai kemitraan baru mereka dengan
Philips. Proposal ini ditolak dengan cepat oleh Kutaragi yang menghadapi kritik
yang meningkat atas karyanya berkaitan dengan memasuki industri video game dari
dalam Sony. Perundingan secara resmi berakhir pada bulan Mei 1992 dan untuk
menentukan nasib proyek PlayStation, sebuah pertemuan diadakan pada bulan Juni
1992, yang terdiri dari Presiden Sony Ohga, Kepala PlayStation Kutaragi dan
beberapa anggota senior dewan Sony. Pada pertemuan tersebut, Kutaragi
meluncurkan sistem berbasis CD-ROM eksklusif yang telah dia tangani yang
bermain video game dengan grafis 3D ke papan tulis. Akhirnya, Presiden Sony
Ohga memutuskan untuk mempertahankan proyek tersebut setelah diingatkan oleh
Kutaragi atas penghinaan yang dideritanya dari Nintendo. Namun demikian, karena
adanya tentangan keras dari mayoritas hadir pada pertemuan tersebut serta
oposisi internal yang meluas terhadap proyek generasi tua eksekutif Sony,
Kutaragi dan timnya harus dipindahkan dari kantor pusat Sony ke Sony Music,
entitas keuangan yang benar-benar terpisah. dimiliki oleh Sony, untuk
mempertahankan proyek dan memelihara hubungan dengan Philips untuk proyek
pengembangan MMCD (yang membantu menghasilkan pembuatan DVD).
Menurut produser SCE Ryoji
Akagawa dan chairman Shigeo Maruyama, ada ketidakpastian apakah konsol tersebut
terutama fokus pada grafis sprite 2D atau grafis poligon 3D. Baru setelah
menyaksikan kesuksesan Virtua Fighter Sega di arcade Jepang, "arah
PlayStation menjadi sangat jelas" dan grafis poligon 3D menjadi fokus
utama konsol.
Pembentukan
Sony Computer Entertainment
Di Sony Music Entertainment,
Kutaragi bekerja sama dengan Shigeo Maruyama, CEO Sony Music, dan dengan Akira
Sato untuk membentuk Sony Computer Entertainment Inc. (SCEI) pada tanggal 16
November 1993. [21] Sebuah blok bangunan SCEI adalah kemitraan awal dengan Sony
Music yang membantu SCEI menarik bakat kreatif ke perusahaan serta membantu
SCEI dalam memproduksi, memasarkan dan memproduksi cakram, sesuatu yang telah
dilakukan Sony Music dengan Disc Musik. Dua anggota kunci utama SCEI adalah
Terry Tokunaka, Presiden SCEI dari kantor pusat Sony, dan Olaf Olafsson.
Olafsson adalah CEO dan presiden Sony Interactive Entertainment yang berbasis
di New York yang merupakan perusahaan induk Sony Computer Entertainment of
America (SCEA) yang didirikan tahun 1994.
Proyek PlayStation, proyek
resmi SCEI yang pertama, akhirnya diberi lampu hijau oleh eksekutif Sony pada
tahun 1993 setelah beberapa tahun pembangunan. Juga pada tahun 1993, Phil
Harrison, yang kemudian menjadi Presiden Sony Computer Entertainment Worldwide
Studios, direkrut menjadi SCEI untuk menarik pengembang dan penerbit untuk menghasilkan
game untuk platform PlayStation baru mereka.
Setelah demonstrasi rencana
distribusi Sony serta demo teknologi konsol barunya untuk penerbit game dan
pengembang di sebuah hotel di Tokyo pada tahun 1994, banyak pengembang mulai
mendekati PlayStation. Dua di antaranya kemudian menjadi mitra utama adalah
Electronic Arts di Barat dan Namco di Jepang. Salah satu faktor yang menarik
pengembang ke platform adalah penggunaan konsol berbasis CD berbasis 3D yang
jauh lebih murah dan mudah diproduksi dibandingkan dengan konsol saingan
Nintendo, yang menggunakan sistem kartrid. Proyek tersebut akhirnya berhasil
mencapai toko-toko Jepang pada bulan Desember 1994 dan memperoleh penjualan
besar-besaran karena titik harga yang lebih rendah daripada pesaingnya, Sega
Saturn. Popularitas konsol menyebar setelah diluncurkan di seluruh dunia di
Amerika Utara dan Eropa.
Home
consoles
PlayStation
PlayStation, dirilis di
Jepang pada tanggal 3 Desember 1994, adalah yang pertama dari rangkaian konsol
PlayStation dan perangkat permainan genggam yang ada di mana-mana. Ini termasuk
konsol penerus dan upgrade termasuk Net Yaroze (PlayStation hitam khusus dengan
alat dan instruksi untuk permainan dan aplikasi PlayStation), "PS
one" (versi yang lebih kecil dari yang asli) dan PocketStation (handheld
yang meningkatkan permainan PlayStation dan juga bertindak sebagai kartu memori).
Ini adalah bagian dari generasi kelima konsol video game yang bersaing dengan
Sega Saturn dan Nintendo 64. Pada bulan Desember 2003, PlayStation dan PS telah
mengirimkan total gabungan 102,49 juta unit, akhirnya menjadi konsol video game
pertama. untuk menjual 120 juta unit.
PS
one
Dirilis pada tanggal 7 Juli
2000, bersamaan dengan penggantinya PlayStation 2, PS One adalah versi yang
lebih kecil dan didesain ulang dari konsol video game PlayStation yang asli. PS
One pergi untuk menjual lebih banyak dari semua konsol lainnya, termasuk
penggantinya, sepanjang sisa tahun ini. Ini menampilkan dua perubahan utama
dari pendahulunya, yang pertama adalah perubahan kosmetik ke konsol dan yang
kedua adalah antarmuka pengguna Graphical User Interface; sebuah variasi dari
GUI yang sebelumnya hanya digunakan pada konsol PAL hingga saat itu.
PlayStation 2
Dirilis pada tahun 2000, 15
bulan setelah Dreamcast dan setahun sebelum pesaingnya lainnya, Xbox dan
Nintendo GameCube, PlayStation 2 adalah bagian dari konsol permainan video
generasi keenam, dan kompatibel dengan game PlayStation paling orisinil. Seperti
pendahulunya, ia telah menerima desain ulang yang lebih ramping. Ini adalah
konsol rumah paling sukses di dunia, telah terjual sebanyak 155 juta unit pada
tanggal 28 Desember 2012. Pada tanggal 29 November 2005, PS2 menjadi konsol
game tercepat yang mencapai 100 juta unit yang dikirim, mencapai prestasi dalam
5 tahun dan 9 bulan sejak diluncurkan. Pencapaian ini terjadi lebih cepat dari
pendahulunya, PlayStation, yang mengambil "9 tahun dan 6 bulan sejak
diluncurkan" untuk mencapai sosok yang sama. Pengiriman PlayStation 2 di
Jepang berakhir pada tanggal 28 Desember 2012. The Guardian melaporkan pada
tanggal 4 Januari 2013 bahwa produksi PS2 telah berakhir di seluruh dunia,
namun penelitian menunjukkan bahwa banyak orang di seluruh dunia masih
memilikinya meskipun tidak lagi digunakan. PlayStation 2 telah digolongkan
sebagai konsol terlaris sepanjang masa pada 2015.
Slimline
model
Dirilis pada tahun 2004,
empat tahun setelah peluncuran PlayStation 2 yang asli, PlayStation 2 Slimline
adalah perancangan ulang utama pertama dari PlayStation 2. Dibandingkan dengan
pendahulunya, Slimline lebih kecil, lebih tipis, lebih tenang dan juga
menyertakan Ethernet built-in. port (di beberapa pasar itu juga memiliki modem
terintegrasi). Pada tahun 2007, Sony mulai mengirimkan revisi Slimline yang
lebih ringan dari Slimline asli bersama dengan adaptor AC yang lebih ringan. Pada
tahun 2008, Sony merilis revisi lain dari Slimline yang memiliki desain internal
yang dirombak yang menggabungkan catu daya ke konsol itu sendiri seperti
PlayStation 2 yang asli sehingga mengurangi bobot keseluruhan konsol lebih
jauh.
PlayStation 3
Dirilis pada 17 November
2006 di Amerika Utara, PlayStation 3 merupakan konsol game generasi ketujuh
dari Sony. Ini bersaing dengan Microsoft Xbox 360 dan Nintendo Wii. PS3 adalah
konsol pertama di seri ini yang memperkenalkan penggunaan teknologi
motion-sensing melalui pengontrol nirkabel Sixaxis-nya. Konsol ini juga
dilengkapi pemutar Blu-ray Disc dan dilengkapi resolusi high-definition. PS3
awalnya ditawarkan dengan hard drive 20 GB atau 60 GB, namun selama
bertahun-tahun kapasitasnya meningkat secara bertahap hingga 500 GB.
PlayStation 3 telah menjual lebih dari 80 juta konsol di seluruh dunia mulai
November 2013.
Slim
model
Seperti pendahulunya,
PlayStation 3 kembali dirilis pada tahun 2009 sebagai model
"ramping". Model didesain ulang adalah 33% lebih kecil, 36% lebih
ringan, dan mengkonsumsi daya 34% sampai 45% lebih sedikit dari model
sebelumnya. Selain itu, ia dilengkapi dengan sistem pendinginan yang dirancang
ulang dan prosesor sel yang lebih kecil yang dipindahkan ke proses pembuatan
45nm. Ini terjual lebih dari satu juta unit dalam 3 minggu pertama
penjualannya. Desain ulang juga dilengkapi dengan dukungan untuk CEC (lebih
sering disebut oleh merek BraviaSync, VIERA Link, EasyLink dan lainnya) yang
memungkinkan kontrol konsol melalui HDMI dengan menggunakan remote control
sebagai pengontrol. PS3 Slim juga berjalan lebih tenang dan lebih dingin dari
model sebelumnya karena Cell 45 nm-nya. PS3 Slim tidak lagi memiliki tombol
"power utama" (mirip dengan PlayStation 2 slim), seperti model PS3
sebelumnya, yang terletak di bagian belakang konsol. Ini secara resmi dirilis
pada tanggal 1 September 2009 di Amerika Utara dan Eropa dan pada tanggal 3
September 2009 di Jepang, Australia dan Selandia Baru.
Super
Slim model
Pada tahun 2012, Sony
mengungkapkan PlayStation "Super Slim" yang baru. Konsol baru, dengan
casing yang didesain ulang sepenuhnya yang memiliki pintu geser yang menutupi
disk drive (yang telah dipindahkan ke bagian atas konsol), adalah 4,3 kilogram,
hampir tiga pon lebih ringan dari model "langsing" sebelumnya. Konsol
ini hadir dengan memori flash 12GB atau hard drive 250GB, 500GB. Beberapa
bundel yang menyertakan PS3 Super Slim dan pilihan permainan tersedia.
PlayStation 4
PlayStation 4 (PS4) adalah konsol video game terbaru dari Sony Computer
Entertainment yang diumumkan pada sebuah konferensi pers pada tanggal 20
Februari 2013. Dalam pertemuan tersebut, Sony mengungkapkan beberapa spesifikasi
perangkat keras konsol baru. Sistem generasi kedelapan, diluncurkan pada
kuartal keempat tahun 2013, memperkenalkan arsitektur x86 ke seri PlayStation.
Menurut arsitek sistem utama, Mark Cerny, pengembangan di PlayStation 4 dimulai
sejak 2008. CEO PlayStation Europe Jim Ryan menekankan pada 2011 bahwa Sony
ingin menghindari peluncuran konsol generasi berikutnya di balik persaingan.
Di antara aplikasi dan layanan
baru, Sony memperkenalkan App PlayStation, yang memungkinkan pemilik PS4 untuk
mengubah smartphone dan tablet menjadi layar kedua untuk meningkatkan gameplay.
Perusahaan juga berencana untuk meluncurkan layanan streaming PlayStation Now,
yang didukung oleh teknologi dari Gaikai. Dengan memasukkan tombol berbagi pada
pengontrol baru dan memungkinkan untuk melihat konten dalam game dialirkan
secara langsung dari teman, Sony berencana untuk lebih fokus pada permainan
sosial juga. PlayStation 4 pertama kali dirilis di Amerika Utara pada tanggal
15 November 2013.
Slim
model
PlayStation 4 Slim (dipasarkan secara resmi
hanya sebagai PlayStation 4 atau PS4) diluncurkan pada tanggal 7 September
2016. Ini adalah revisi dari perangkat keras PS4 asli dengan faktor bentuk yang
efisien. Casing baru adalah 40% lebih kecil, dan membawa tubuh bulat dengan
finishing matte di bagian atas konsol dan bukan finish dua nada. Kedua port USB
di bagian depan memiliki celah yang lebih besar di antara keduanya, dan port
audio optik juga dilepas. Ini dilengkapi dengan pembaruan kecil pada pengontrol
DualShock 4, dengan bilah lampu terlihat di bagian atas touchpad dan eksterior
berwarna abu-abu gelap matte bukan hitam berkilau sebagian. PS4 Slim dirilis
pada tanggal 15 September 2016, dengan model 500 GB dengan harga yang sama
dengan model PS4 asli. Nomor modelnya adalah CUH-2000.
Pro
model
PlayStation 4 Pro atau PS4
Pro untuk jangka pendek (awalnya diumumkan dengan codename Neo) diluncurkan
pada tanggal 7 September 2016. Nomor modelnya adalah CUH-7000. Ini adalah versi
terbaru dari PlayStation 4 dengan perangkat keras yang disempurnakan, termasuk
GPU yang telah diupgrade dengan 4,2 teraflops daya pemrosesan, dan jam CPU yang
lebih tinggi. Ini dirancang terutama untuk memungkinkan permainan terpilih
dapat dimainkan dengan resolusi 4K, dan peningkatan kualitas untuk VR
PlayStation. Semua game kompatibel mundur antara PS4 dan PS4 Pro, namun game
dengan optimisasi akan meningkatkan kinerja grafis pada PS4 Pro. Meski mampu
streaming video 4K dari sumber online, PS4 Pro tidak mendukung Ultra HD
Blu-ray. Selain itu PS4 Pro adalah satu-satunya model PS4 yang bisa dimainkan
jarak jauh pada 1080p. Model lainnya dibatasi hingga 720p.
Handheld
systems
PocketStation
PocketStation adalah konsol
permainan miniatur yang dibuat oleh SCE sebagai perangkat untuk PlayStation
yang asli. Dirilis secara eksklusif di Jepang pada tanggal 23 Desember 1999, ini
menampilkan LCD monokrom, speaker, jam real-time dan kemampuan komunikasi
inframerah. Ini juga bisa digunakan sebagai kartu memori PlayStation standar
dengan menghubungkannya ke slot kartu memori PlayStation. Ini sangat populer di
Jepang dan Sony awalnya berencana untuk merilisnya di Amerika Serikat namun
rencananya akhirnya dibatalkan karena berbagai masalah manufaktur dan penawaran
dan permintaan.
PlayStation Portable
PlayStation Portable (PSP)
adalah konsol genggam pertama Sony untuk bersaing dengan konsol Nintendo DS.
Model asli (PSP-1000) dirilis pada bulan Desember 2004 dan Maret 2005, Konsol
ini adalah yang pertama memanfaatkan media penyimpanan optik berpemilik baru
yang dikenal dengan Universal Media Disc (UMD), yang dapat menyimpan game dan
film. Ini berisi 32 MB penyimpanan memori flash internal, dapat diupgrade
melalui kartu Memory Stick PRO Duo. Ini memiliki tata letak kontrol yang serupa
dengan PS3 dengan tombol logo PlayStation dan tombol Triangle ('Triangle'),
Circle ('Circle / O'), Cross ('Cross / X') dan Square ('Square') di dalamnya
berwarna putih.
PSP-2000
and PSP-3000 models
PSP-2000 (juga dikenal
sebagai Slim & Lite di wilayah PAL) adalah revisi hardware utama pertama
dari PlayStation Portable, yang dirilis pada bulan September 2007. Seri 2000
adalah ringan 33% dan 19% lebih ramping dari PlayStation Portable yang asli. Kapasitas
baterai juga berkurang ⅓ namun run time tetap sama dengan model sebelumnya
karena konsumsi daya lebih rendah. Baterai model lama masih akan berfungsi dan
mereka memperpanjang jumlah waktu bermain. PSP Slim & Lite memiliki finishing
gloss baru. Port serialnya juga dimodifikasi untuk mengakomodasi fitur
video-out baru (sementara membuat kontrol jarak jauh PSP yang lama tidak
kompatibel). Pada game PSP-2000, PSP hanya akan menampilkan monitor eksternal
atau TV dalam mode pemindaian progresif, sehingga televisi tidak mampu
mendukung pemindaian progresif tidak akan menampilkan game PSP; Video non-game
akan ditampilkan dalam mode progresif atau interlaced. Pengisian USB juga
dimungkinkan. Tombol juga dikabarkan lebih responsif pada PSP-2000. Pada tahun
2008, Sony merilis revisi perangkat keras kedua yang disebut PSP-3000 yang
mencakup beberapa fitur yang tidak hadir di PSP-2000, seperti mikrofon built-in
dan layar yang ditingkatkan, serta kemampuan untuk menampilkan game PSP di
interlaced mode.
PSP
Go model
Dirilis pada bulan Oktober
2009, PSP Go adalah perancangan ulang terbesar dari PlayStation Portable sampai
saat ini. Tidak seperti model PSP sebelumnya, PSP Go tidak menampilkan drive
UMD namun memiliki memori flash internal 16 GB untuk menyimpan permainan, video
dan media lainnya. Ini bisa diperpanjang hingga 32GB dengan menggunakan kartu
flash Memory Stick Micro (M2). Juga tidak seperti model PSP sebelumnya, baterai
isi ulang PSP Go tidak dapat dilepas atau diganti oleh pengguna. Unit ini 43%
lebih ringan dan 56% lebih kecil dari PSP-1000 asli, dan ringan 16% dan 35%
lebih kecil dari PSP-3000. Ini memiliki LCD 3,8 "480 × 272 (dibandingkan
dengan LCD 4,3" 480 × 272 pixel yang lebih besar pada model PSP
sebelumnya). Layar bergeser ke atas untuk mengungkapkan kontrol utama. Bentuk
keseluruhan dan mekanisme geser serupa dengan perangkat internet mylo COM-2
milik Sony. PSP Go diproduksi dan dijual bersamaan dengan pendahulunya PSP-3000
meski tidak akan menggantikannya. Semua game di PSP Go harus dibeli dan
didownload dari PlayStation Store karena handheld tidak kompatibel dengan media
fisik PSP asli, Universal Media Disc. Handset ini juga dilengkapi konektivitas
dengan pengendali PlayStation 3 yang Sixaxis dan DualShock 3 melalui koneksi
Bluetooth.
PlayStation Vita
Dirilis di Jepang pada
tanggal 17 Desember 2011 dan Amerika Utara pada tanggal 22 Februari 2012, PlayStation
Vita sebelumnya diberi kode Next Generation Portable (NGP). Ini secara resmi
diresmikan oleh Sony pada tanggal 27 Januari 2011 di PlayStation Meeting 2011.
[89] Model asli dari handheld, seri PCH-1000 memiliki layar sentuh OLED 5 inci,
[90] dua stik analog, touchpad belakang, penggerak gerak Sixaxis dan prosesor
ARM Cortex-A9 MPCore 4 inti.
Sistem seri PCH-2000 yang
baru adalah perancangan ulang yang lebih ringan dari perangkat yang diumumkan
di Konferensi Pers SCEJA pada bulan September 2013 sebelum Tokyo Game Show.
Model ini 20% lebih tipis dan 15% lebih ringan dibanding model aslinya,
memiliki jam tambahan untuk masa pakai baterai, LCD bukan OLED, termasuk port
USB Tipe B mikro, memori penyimpanan internal 1GB. Film ini dirilis di Jepang
pada tanggal 10 Oktober 2013 dengan enam warna: putih, hitam, pink, kuning,
biru, dan hijau zaitun, dan di Amerika Utara pada tanggal 6 Mei 2014.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/PlayStation
Comments
Post a Comment