Sejarah dan Perkembangan Game Konsol Sony Playstation

PlayStation adalah merek game yang terdiri dari empat konsol permainan video rumahan, serta media center, layanan online, sederetan pengendali, dua handheld dan telepon, serta beberapa majalah. Ini dibuat dan dimiliki oleh Sony Interactive Entertainment sejak 3 Desember 1994, dengan diluncurkannya PlayStation asli di Jepang.
Konsol asli dalam serial ini adalah konsol video game pertama yang mengapalkan 100 juta unit, 9 tahun dan 6 bulan setelah peluncuran awalnya. Penggantinya, PlayStation 2, dirilis pada tahun 2000. PlayStation 2 adalah konsol rumah terlaris sampai saat ini, yang telah mencapai lebih dari 155 juta unit terjual pada tanggal 28 Desember 2012. Konsol berikutnya dari Sony, PlayStation 3, dirilis pada tahun 2006 dan telah terjual lebih dari 80 juta konsol di seluruh dunia mulai November 2013. Konsol terbaru Sony, PlayStation 4, dirilis pada tahun 2013, menjual 1 juta konsol dalam 24 jam pertama penjualannya, menjadi konsol penjualan tercepat sepanjang sejarah.

Konsol game genggam pertama di seri PlayStation, PlayStation Portable atau PSP, terjual sebanyak 80 juta unit di seluruh dunia pada bulan November 2013. Penggantinya, PlayStation Vita, yang diluncurkan di Jepang pada tanggal 17 Desember 2011 dan di sebagian besar wilayah utama lainnya pada bulan Februari 2012, telah terjual lebih dari 4 juta unit pada bulan Januari 2013. PlayStation TV adalah microconsole dan varian non-portabel dari konsol game PlayStation Vita. Perangkat keras lain yang dirilis sebagai bagian dari seri PlayStation mencakup PSX, perekam video digital yang terintegrasi dengan PlayStation dan PlayStation 2, meski berumur pendek karena harga yang tinggi dan tidak pernah dirilis di luar Jepang, dan juga Sony Bravia. pesawat televisi yang memiliki PlayStation yang terintegrasi pengendali utama yang digunakan oleh seri PlayStation-DualShock, yang merupakan rangkaian gamepad yang telah terjual 28 juta mulai 28 Juni 2008.

PlayStation Network adalah layanan online dengan lebih dari 110 juta pengguna di seluruh dunia (per Juli 2013). Ini terdiri dari pasar virtual online, PlayStation Store, yang memungkinkan pembelian dan unduhan game dan berbagai bentuk multimedia, layanan online berbasis langganan yang dikenal sebagai PlayStation Plus dan layanan jejaring sosial yang disebut PlayStation Home, yang memiliki lebih dari 41 juta pengguna di seluruh dunia pada saat penutupannya pada bulan Maret 2015. PlayStation Mobile (sebelumnya PlayStation Suite) adalah kerangka kerja perangkat lunak yang menyediakan konten PlayStation pada perangkat mobile. Versi 1.xx mendukung PlayStation Vita, PlayStation TV dan perangkat tertentu yang menjalankan sistem operasi Android, sedangkan versi 2.00 yang dirilis pada tahun 2014 hanya akan menargetkan PlayStation Vita dan (opsional) PlayStation TV. Konten yang akan dirilis dalam kerangka hanya terdiri dari game PlayStation asli saat ini.

Produk PlayStation generasi ke-7 juga menggunakan XrossMediaBar, yang merupakan antarmuka pengguna grafis memenangkan penghargaan. Antarmuka berbasis layar sentuh yang disebut LiveArea diluncurkan untuk PlayStation Vita, yang mengintegrasikan elemen jejaring sosial ke dalam antarmuka. Selain itu, konsol PlayStation 2 dan PlayStation 3 juga menampilkan dukungan untuk sistem operasi berbasis Linux; Linux untuk PlayStation 2 dan OtherOS masing-masing, meski sejak saat ini telah dihentikan. Serial ini juga telah dikenal karena berbagai kampanye pemasarannya, yang terakhir menjadi iklan "Kebesaran Menanti" di Amerika Serikat.
Serial ini juga memiliki jajaran judul partai pertama yang kuat karena Sony Interactive Entertainment Worldwide Studios, yang terdiri dari lima belas pengembang pihak pertama yang dimiliki oleh Sony Interactive Entertainment yang berdedikasi untuk mengembangkan game untuk seri pertama. Selain itu, seri ini menampilkan berbagai rilis ulang anggaran judul oleh Sony dengan nama berbeda untuk masing-masing daerah; Ini termasuk jajaran lagu Greatest Hits, Platinum, Essentials, Favorites dan The Best.


Asal usul
PlayStation adalah gagasan Ken Kutaragi, seorang eksekutif Sony yang baru saja selesai mengelola salah satu divisi teknik perangkat keras perusahaan pada saat itu dan kemudian akan dijuluki sebagai "Bapak dari PlayStation".
Asal konsol dimulai pada tahun 1988 di mana awalnya merupakan proyek gabungan antara Nintendo dan Sony untuk membuat CD-ROM untuk Super Famicom. Meskipun Nintendo menyangkal adanya kesepakatan Sony sampai akhir Maret 1991, Sony mengungkapkan sebuah Super Famicom dengan drive CD-ROM built-in, yang menggabungkan teknologi Green Book atau CD-i, yang disebut "Play Station" (juga yang dikenal sebagai SNES-CD) di Consumer Electronics Show pada bulan Juni 1991. Namun, sehari setelah pengumuman di CES, Nintendo mengumumkan bahwa mereka akan melepaskan kemitraannya dengan Sony, memilih untuk pergi dengan Philips alih-alih menggunakan teknologi yang sama. Kesepakatan itu dipecahkan oleh Nintendo setelah mereka tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai bagaimana pendapatan akan terbelah antara kedua perusahaan tersebut. Pembubaran kemitraan tersebut membuat marah Presiden Sony Norio Ohga, yang menanggapi dengan menunjuk Kutaragi dengan tanggung jawab untuk mengembangkan proyek PlayStation untuk menyaingi Nintendo.
Pada saat itu, negosiasi masih berlangsung antara Nintendo dan Sony, dengan Nintendo menawarkan Sony sebuah "peran non-game" mengenai kemitraan baru mereka dengan Philips. Proposal ini ditolak dengan cepat oleh Kutaragi yang menghadapi kritik yang meningkat atas karyanya berkaitan dengan memasuki industri video game dari dalam Sony. Perundingan secara resmi berakhir pada bulan Mei 1992 dan untuk menentukan nasib proyek PlayStation, sebuah pertemuan diadakan pada bulan Juni 1992, yang terdiri dari Presiden Sony Ohga, Kepala PlayStation Kutaragi dan beberapa anggota senior dewan Sony. Pada pertemuan tersebut, Kutaragi meluncurkan sistem berbasis CD-ROM eksklusif yang telah dia tangani yang bermain video game dengan grafis 3D ke papan tulis. Akhirnya, Presiden Sony Ohga memutuskan untuk mempertahankan proyek tersebut setelah diingatkan oleh Kutaragi atas penghinaan yang dideritanya dari Nintendo. Namun demikian, karena adanya tentangan keras dari mayoritas hadir pada pertemuan tersebut serta oposisi internal yang meluas terhadap proyek generasi tua eksekutif Sony, Kutaragi dan timnya harus dipindahkan dari kantor pusat Sony ke Sony Music, entitas keuangan yang benar-benar terpisah. dimiliki oleh Sony, untuk mempertahankan proyek dan memelihara hubungan dengan Philips untuk proyek pengembangan MMCD (yang membantu menghasilkan pembuatan DVD).
Menurut produser SCE Ryoji Akagawa dan chairman Shigeo Maruyama, ada ketidakpastian apakah konsol tersebut terutama fokus pada grafis sprite 2D atau grafis poligon 3D. Baru setelah menyaksikan kesuksesan Virtua Fighter Sega di arcade Jepang, "arah PlayStation menjadi sangat jelas" dan grafis poligon 3D menjadi fokus utama konsol.

Pembentukan Sony Computer Entertainment
Di Sony Music Entertainment, Kutaragi bekerja sama dengan Shigeo Maruyama, CEO Sony Music, dan dengan Akira Sato untuk membentuk Sony Computer Entertainment Inc. (SCEI) pada tanggal 16 November 1993. [21] Sebuah blok bangunan SCEI adalah kemitraan awal dengan Sony Music yang membantu SCEI menarik bakat kreatif ke perusahaan serta membantu SCEI dalam memproduksi, memasarkan dan memproduksi cakram, sesuatu yang telah dilakukan Sony Music dengan Disc Musik. Dua anggota kunci utama SCEI adalah Terry Tokunaka, Presiden SCEI dari kantor pusat Sony, dan Olaf Olafsson. Olafsson adalah CEO dan presiden Sony Interactive Entertainment yang berbasis di New York yang merupakan perusahaan induk Sony Computer Entertainment of America (SCEA) yang didirikan tahun 1994.
Proyek PlayStation, proyek resmi SCEI yang pertama, akhirnya diberi lampu hijau oleh eksekutif Sony pada tahun 1993 setelah beberapa tahun pembangunan. Juga pada tahun 1993, Phil Harrison, yang kemudian menjadi Presiden Sony Computer Entertainment Worldwide Studios, direkrut menjadi SCEI untuk menarik pengembang dan penerbit untuk menghasilkan game untuk platform PlayStation baru mereka.
Setelah demonstrasi rencana distribusi Sony serta demo teknologi konsol barunya untuk penerbit game dan pengembang di sebuah hotel di Tokyo pada tahun 1994, banyak pengembang mulai mendekati PlayStation. Dua di antaranya kemudian menjadi mitra utama adalah Electronic Arts di Barat dan Namco di Jepang. Salah satu faktor yang menarik pengembang ke platform adalah penggunaan konsol berbasis CD berbasis 3D yang jauh lebih murah dan mudah diproduksi dibandingkan dengan konsol saingan Nintendo, yang menggunakan sistem kartrid. Proyek tersebut akhirnya berhasil mencapai toko-toko Jepang pada bulan Desember 1994 dan memperoleh penjualan besar-besaran karena titik harga yang lebih rendah daripada pesaingnya, Sega Saturn. Popularitas konsol menyebar setelah diluncurkan di seluruh dunia di Amerika Utara dan Eropa.

Home consoles
PlayStation
PlayStation, dirilis di Jepang pada tanggal 3 Desember 1994, adalah yang pertama dari rangkaian konsol PlayStation dan perangkat permainan genggam yang ada di mana-mana. Ini termasuk konsol penerus dan upgrade termasuk Net Yaroze (PlayStation hitam khusus dengan alat dan instruksi untuk permainan dan aplikasi PlayStation), "PS one" (versi yang lebih kecil dari yang asli) dan PocketStation (handheld yang meningkatkan permainan PlayStation dan juga bertindak sebagai kartu memori). Ini adalah bagian dari generasi kelima konsol video game yang bersaing dengan Sega Saturn dan Nintendo 64. Pada bulan Desember 2003, PlayStation dan PS telah mengirimkan total gabungan 102,49 juta unit, akhirnya menjadi konsol video game pertama. untuk menjual 120 juta unit.

PS one

Dirilis pada tanggal 7 Juli 2000, bersamaan dengan penggantinya PlayStation 2, PS One adalah versi yang lebih kecil dan didesain ulang dari konsol video game PlayStation yang asli. PS One pergi untuk menjual lebih banyak dari semua konsol lainnya, termasuk penggantinya, sepanjang sisa tahun ini. Ini menampilkan dua perubahan utama dari pendahulunya, yang pertama adalah perubahan kosmetik ke konsol dan yang kedua adalah antarmuka pengguna Graphical User Interface; sebuah variasi dari GUI yang sebelumnya hanya digunakan pada konsol PAL hingga saat itu.

PlayStation 2

Dirilis pada tahun 2000, 15 bulan setelah Dreamcast dan setahun sebelum pesaingnya lainnya, Xbox dan Nintendo GameCube, PlayStation 2 adalah bagian dari konsol permainan video generasi keenam, dan kompatibel dengan game PlayStation paling orisinil. Seperti pendahulunya, ia telah menerima desain ulang yang lebih ramping. Ini adalah konsol rumah paling sukses di dunia, telah terjual sebanyak 155 juta unit pada tanggal 28 Desember 2012. Pada tanggal 29 November 2005, PS2 menjadi konsol game tercepat yang mencapai 100 juta unit yang dikirim, mencapai prestasi dalam 5 tahun dan 9 bulan sejak diluncurkan. Pencapaian ini terjadi lebih cepat dari pendahulunya, PlayStation, yang mengambil "9 tahun dan 6 bulan sejak diluncurkan" untuk mencapai sosok yang sama. Pengiriman PlayStation 2 di Jepang berakhir pada tanggal 28 Desember 2012. The Guardian melaporkan pada tanggal 4 Januari 2013 bahwa produksi PS2 telah berakhir di seluruh dunia, namun penelitian menunjukkan bahwa banyak orang di seluruh dunia masih memilikinya meskipun tidak lagi digunakan. PlayStation 2 telah digolongkan sebagai konsol terlaris sepanjang masa pada 2015.

Slimline model

Dirilis pada tahun 2004, empat tahun setelah peluncuran PlayStation 2 yang asli, PlayStation 2 Slimline adalah perancangan ulang utama pertama dari PlayStation 2. Dibandingkan dengan pendahulunya, Slimline lebih kecil, lebih tipis, lebih tenang dan juga menyertakan Ethernet built-in. port (di beberapa pasar itu juga memiliki modem terintegrasi). Pada tahun 2007, Sony mulai mengirimkan revisi Slimline yang lebih ringan dari Slimline asli bersama dengan adaptor AC yang lebih ringan. Pada tahun 2008, Sony merilis revisi lain dari Slimline yang memiliki desain internal yang dirombak yang menggabungkan catu daya ke konsol itu sendiri seperti PlayStation 2 yang asli sehingga mengurangi bobot keseluruhan konsol lebih jauh.



PlayStation 3

Dirilis pada 17 November 2006 di Amerika Utara, PlayStation 3 merupakan konsol game generasi ketujuh dari Sony. Ini bersaing dengan Microsoft Xbox 360 dan Nintendo Wii. PS3 adalah konsol pertama di seri ini yang memperkenalkan penggunaan teknologi motion-sensing melalui pengontrol nirkabel Sixaxis-nya. Konsol ini juga dilengkapi pemutar Blu-ray Disc dan dilengkapi resolusi high-definition. PS3 awalnya ditawarkan dengan hard drive 20 GB atau 60 GB, namun selama bertahun-tahun kapasitasnya meningkat secara bertahap hingga 500 GB. PlayStation 3 telah menjual lebih dari 80 juta konsol di seluruh dunia mulai November 2013.

Slim model

Seperti pendahulunya, PlayStation 3 kembali dirilis pada tahun 2009 sebagai model "ramping". Model didesain ulang adalah 33% lebih kecil, 36% lebih ringan, dan mengkonsumsi daya 34% sampai 45% lebih sedikit dari model sebelumnya. Selain itu, ia dilengkapi dengan sistem pendinginan yang dirancang ulang dan prosesor sel yang lebih kecil yang dipindahkan ke proses pembuatan 45nm. Ini terjual lebih dari satu juta unit dalam 3 minggu pertama penjualannya. Desain ulang juga dilengkapi dengan dukungan untuk CEC (lebih sering disebut oleh merek BraviaSync, VIERA Link, EasyLink dan lainnya) yang memungkinkan kontrol konsol melalui HDMI dengan menggunakan remote control sebagai pengontrol. PS3 Slim juga berjalan lebih tenang dan lebih dingin dari model sebelumnya karena Cell 45 nm-nya. PS3 Slim tidak lagi memiliki tombol "power utama" (mirip dengan PlayStation 2 slim), seperti model PS3 sebelumnya, yang terletak di bagian belakang konsol. Ini secara resmi dirilis pada tanggal 1 September 2009 di Amerika Utara dan Eropa dan pada tanggal 3 September 2009 di Jepang, Australia dan Selandia Baru.

Super Slim model

Pada tahun 2012, Sony mengungkapkan PlayStation "Super Slim" yang baru. Konsol baru, dengan casing yang didesain ulang sepenuhnya yang memiliki pintu geser yang menutupi disk drive (yang telah dipindahkan ke bagian atas konsol), adalah 4,3 kilogram, hampir tiga pon lebih ringan dari model "langsing" sebelumnya. Konsol ini hadir dengan memori flash 12GB atau hard drive 250GB, 500GB. Beberapa bundel yang menyertakan PS3 Super Slim dan pilihan permainan tersedia.

PlayStation 4

PlayStation 4 (PS4) adalah konsol video game terbaru dari Sony Computer Entertainment yang diumumkan pada sebuah konferensi pers pada tanggal 20 Februari 2013. Dalam pertemuan tersebut, Sony mengungkapkan beberapa spesifikasi perangkat keras konsol baru. Sistem generasi kedelapan, diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2013, memperkenalkan arsitektur x86 ke seri PlayStation. Menurut arsitek sistem utama, Mark Cerny, pengembangan di PlayStation 4 dimulai sejak 2008. CEO PlayStation Europe Jim Ryan menekankan pada 2011 bahwa Sony ingin menghindari peluncuran konsol generasi berikutnya di balik persaingan.

Di antara aplikasi dan layanan baru, Sony memperkenalkan App PlayStation, yang memungkinkan pemilik PS4 untuk mengubah smartphone dan tablet menjadi layar kedua untuk meningkatkan gameplay. Perusahaan juga berencana untuk meluncurkan layanan streaming PlayStation Now, yang didukung oleh teknologi dari Gaikai. Dengan memasukkan tombol berbagi pada pengontrol baru dan memungkinkan untuk melihat konten dalam game dialirkan secara langsung dari teman, Sony berencana untuk lebih fokus pada permainan sosial juga. PlayStation 4 pertama kali dirilis di Amerika Utara pada tanggal 15 November 2013.


Slim model

PlayStation 4 Slim (dipasarkan secara resmi hanya sebagai PlayStation 4 atau PS4) diluncurkan pada tanggal 7 September 2016. Ini adalah revisi dari perangkat keras PS4 asli dengan faktor bentuk yang efisien. Casing baru adalah 40% lebih kecil, dan membawa tubuh bulat dengan finishing matte di bagian atas konsol dan bukan finish dua nada. Kedua port USB di bagian depan memiliki celah yang lebih besar di antara keduanya, dan port audio optik juga dilepas. Ini dilengkapi dengan pembaruan kecil pada pengontrol DualShock 4, dengan bilah lampu terlihat di bagian atas touchpad dan eksterior berwarna abu-abu gelap matte bukan hitam berkilau sebagian. PS4 Slim dirilis pada tanggal 15 September 2016, dengan model 500 GB dengan harga yang sama dengan model PS4 asli. Nomor modelnya adalah CUH-2000.


Pro model

PlayStation 4 Pro atau PS4 Pro untuk jangka pendek (awalnya diumumkan dengan codename Neo) diluncurkan pada tanggal 7 September 2016. Nomor modelnya adalah CUH-7000. Ini adalah versi terbaru dari PlayStation 4 dengan perangkat keras yang disempurnakan, termasuk GPU yang telah diupgrade dengan 4,2 teraflops daya pemrosesan, dan jam CPU yang lebih tinggi. Ini dirancang terutama untuk memungkinkan permainan terpilih dapat dimainkan dengan resolusi 4K, dan peningkatan kualitas untuk VR PlayStation. Semua game kompatibel mundur antara PS4 dan PS4 Pro, namun game dengan optimisasi akan meningkatkan kinerja grafis pada PS4 Pro. Meski mampu streaming video 4K dari sumber online, PS4 Pro tidak mendukung Ultra HD Blu-ray. Selain itu PS4 Pro adalah satu-satunya model PS4 yang bisa dimainkan jarak jauh pada 1080p. Model lainnya dibatasi hingga 720p.


Handheld systems

PocketStation

PocketStation adalah konsol permainan miniatur yang dibuat oleh SCE sebagai perangkat untuk PlayStation yang asli. Dirilis secara eksklusif di Jepang pada tanggal 23 Desember 1999, ini menampilkan LCD monokrom, speaker, jam real-time dan kemampuan komunikasi inframerah. Ini juga bisa digunakan sebagai kartu memori PlayStation standar dengan menghubungkannya ke slot kartu memori PlayStation. Ini sangat populer di Jepang dan Sony awalnya berencana untuk merilisnya di Amerika Serikat namun rencananya akhirnya dibatalkan karena berbagai masalah manufaktur dan penawaran dan permintaan.






PlayStation Portable

PlayStation Portable (PSP) adalah konsol genggam pertama Sony untuk bersaing dengan konsol Nintendo DS. Model asli (PSP-1000) dirilis pada bulan Desember 2004 dan Maret 2005, Konsol ini adalah yang pertama memanfaatkan media penyimpanan optik berpemilik baru yang dikenal dengan Universal Media Disc (UMD), yang dapat menyimpan game dan film. Ini berisi 32 MB penyimpanan memori flash internal, dapat diupgrade melalui kartu Memory Stick PRO Duo. Ini memiliki tata letak kontrol yang serupa dengan PS3 dengan tombol logo PlayStation dan tombol Triangle ('Triangle'), Circle ('Circle / O'), Cross ('Cross / X') dan Square ('Square') di dalamnya berwarna putih.

PSP-2000 and PSP-3000 models

PSP-2000 (juga dikenal sebagai Slim & Lite di wilayah PAL) adalah revisi hardware utama pertama dari PlayStation Portable, yang dirilis pada bulan September 2007. Seri 2000 adalah ringan 33% dan 19% lebih ramping dari PlayStation Portable yang asli. Kapasitas baterai juga berkurang ⅓ namun run time tetap sama dengan model sebelumnya karena konsumsi daya lebih rendah. Baterai model lama masih akan berfungsi dan mereka memperpanjang jumlah waktu bermain. PSP Slim & Lite memiliki finishing gloss baru. Port serialnya juga dimodifikasi untuk mengakomodasi fitur video-out baru (sementara membuat kontrol jarak jauh PSP yang lama tidak kompatibel). Pada game PSP-2000, PSP hanya akan menampilkan monitor eksternal atau TV dalam mode pemindaian progresif, sehingga televisi tidak mampu mendukung pemindaian progresif tidak akan menampilkan game PSP; Video non-game akan ditampilkan dalam mode progresif atau interlaced. Pengisian USB juga dimungkinkan. Tombol juga dikabarkan lebih responsif pada PSP-2000. Pada tahun 2008, Sony merilis revisi perangkat keras kedua yang disebut PSP-3000 yang mencakup beberapa fitur yang tidak hadir di PSP-2000, seperti mikrofon built-in dan layar yang ditingkatkan, serta kemampuan untuk menampilkan game PSP di interlaced mode.

PSP Go model

Dirilis pada bulan Oktober 2009, PSP Go adalah perancangan ulang terbesar dari PlayStation Portable sampai saat ini. Tidak seperti model PSP sebelumnya, PSP Go tidak menampilkan drive UMD namun memiliki memori flash internal 16 GB untuk menyimpan permainan, video dan media lainnya. Ini bisa diperpanjang hingga 32GB dengan menggunakan kartu flash Memory Stick Micro (M2). Juga tidak seperti model PSP sebelumnya, baterai isi ulang PSP Go tidak dapat dilepas atau diganti oleh pengguna. Unit ini 43% lebih ringan dan 56% lebih kecil dari PSP-1000 asli, dan ringan 16% dan 35% lebih kecil dari PSP-3000. Ini memiliki LCD 3,8 "480 × 272 (dibandingkan dengan LCD 4,3" 480 × 272 pixel yang lebih besar pada model PSP sebelumnya). Layar bergeser ke atas untuk mengungkapkan kontrol utama. Bentuk keseluruhan dan mekanisme geser serupa dengan perangkat internet mylo COM-2 milik Sony. PSP Go diproduksi dan dijual bersamaan dengan pendahulunya PSP-3000 meski tidak akan menggantikannya. Semua game di PSP Go harus dibeli dan didownload dari PlayStation Store karena handheld tidak kompatibel dengan media fisik PSP asli, Universal Media Disc. Handset ini juga dilengkapi konektivitas dengan pengendali PlayStation 3 yang Sixaxis dan DualShock 3 melalui koneksi Bluetooth.

PlayStation Vita

Dirilis di Jepang pada tanggal 17 Desember 2011 dan Amerika Utara pada tanggal 22 Februari 2012, PlayStation Vita sebelumnya diberi kode Next Generation Portable (NGP). Ini secara resmi diresmikan oleh Sony pada tanggal 27 Januari 2011 di PlayStation Meeting 2011. [89] Model asli dari handheld, seri PCH-1000 memiliki layar sentuh OLED 5 inci, [90] dua stik analog, touchpad belakang, penggerak gerak Sixaxis dan prosesor ARM Cortex-A9 MPCore 4 inti.
Sistem seri PCH-2000 yang baru adalah perancangan ulang yang lebih ringan dari perangkat yang diumumkan di Konferensi Pers SCEJA pada bulan September 2013 sebelum Tokyo Game Show. Model ini 20% lebih tipis dan 15% lebih ringan dibanding model aslinya, memiliki jam tambahan untuk masa pakai baterai, LCD bukan OLED, termasuk port USB Tipe B mikro, memori penyimpanan internal 1GB. Film ini dirilis di Jepang pada tanggal 10 Oktober 2013 dengan enam warna: putih, hitam, pink, kuning, biru, dan hijau zaitun, dan di Amerika Utara pada tanggal 6 Mei 2014.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/PlayStation
  

Comments