Sejarah dan Perkembangan Honda CR-V


Honda CR-V adalah crossover SUV kompak yang diproduksi oleh Honda Jepang sejak tahun 1995 dan diperkenalkan di pasar Amerika Utara pada tahun 1997. Honda menggunakan platform Civic Honda dengan desain bodi SUV. CR-V adalah kendaraan utilitas kelas menengah Honda, ditempatkan di antara Honda HR-V yang lebih kecil dan pasar Honda Pilot yang lebih besar di Amerika Utara. Honda menyatakan "CR-V" adalah singkatan dari "Comfortable Runabout Vehicle," sedangkan istilah "Compact Recreational Vehicle" digunakan dalam artikel ulasan mobil Inggris yang diterbitkan ulang oleh Honda.

Honda mulai memproduksi CR-V di Sayama, Jepang, dan Swindon, Inggris, untuk pasar di seluruh dunia, menambahkan lokasi pabrik Amerika Utara di Liberty Timur, Ohio, Amerika Serikat, pada 2007; El Salto, Jalisco, Meksiko, pada akhir 2007 (berakhir pada awal 2017); Alliston, Ontario, Kanada, pada 2012; dan Greensburg, Indiana, Amerika Serikat, pada Februari 2017. CR-V juga diproduksi di Wuhan (provinsi Hubei) untuk pasar Cina oleh Dongfeng Honda Automobile Company, perusahaan patungan dengan Dongfeng Motor Corporation.

First generation (1996–2001)
CR-V generasi pertama adalah kendaraan utilitas sport pertama buatan Honda oleh Hiroyuki Kawase. CR-V diperkenalkan di Jepang hanya di dealer Honda Verno dan dianggap sebagai kendaraan mewah di Jepang karena dimensi lebar eksterior melebihi peraturan dimensi Pemerintah Jepang. Untuk pasar Amerika Utara, itu ditampilkan di Chicago Auto Show 1996 dan mulai dijual pada Februari 1997.

Setelah diperkenalkan, model hanya memiliki satu level trim, yang kemudian dikenal sebagai trim model LX; itu didukung oleh 2.0-liter lurus-empat B20B menghasilkan 126 hp (94 kW) pada 5400 rpm dan 133 lb⋅ft (180 N⋅m) torsi pada 4800 rpm. Dimensi luar untuk mesin ini akan identik dengan mesin 1,8 L Integra, tetapi secara internal mesin memiliki lubang 84 mm (3,3 in.) Yang lebih besar untuk menambahkan perpindahan ekstra yang diperlukan untuk menghasilkan lebih banyak torsi. Mesin tersebut menggunakan konstruksi selongsong satu bagian yang unik dari mesin seri-B lainnya. Chassis adalah desain unibody dengan suspensi wishbone roda empat ganda. Di dalam, kursi belakang bisa dilipat ke bawah, dan meja piknik disimpan di area lantai belakang. Semua model menampilkan kelongsong plastik yang menutupi bumper depan, bumper belakang, dan sumur fender. Di sebagian besar negara, CR-Vs memiliki grille chrome; Namun, di Amerika Serikat, gril dibuat dari plastik hitam yang sama dengan bumper. EX termasuk rem anti-lock dan velg 15 inci di atas trim LX. Pilihan drivetrain adalah penggerak roda depan atau Real Time AWD Honda.

Facelift
Pada tahun 1999, model CR-V Eropa, Australia dan Asia menampilkan perubahan yang lebih drastis. Perubahan eksterior termasuk bumper depan yang baru, bumper belakang yang dihaluskan, dan antena radio plastik yang lebih kecil di bagian belakang atap. "Nighthawk Black" ditambahkan ke daftar pilihan cat, sementara "Passion Orange" menghilang. 

Warna mutiara biru tua dan merah yang baru menggantikan warna merah tua dan biru metalik. Model Eropa menerima lambang Honda yang diperbesar di grille depan, dan cat kuning metalik baru di pasar tertentu.

Mesinnya diubah menjadi mesin 2,0 L B20Z, menghasilkan 147 hp (110 kW) pada 6200 rpm dan torsi 133 lb⋅ft (180 N⋅m) pada 4.500 rpm. Ini meningkatkan kinerja untuk kendaraan 3.200 lb (1.500 kg). Ekonomi bahan bakar 23 mpg-AS (10 L / 100 km; 28 mpg-imp) kota / 28 mpg-AS (8,4 L / 100 km; 34 mpg-imp) jalan raya (AS) dan harga tidak terpengaruh oleh peningkatan kekuatan, yang merupakan hasil dari rasio kompresi yang lebih tinggi (9,6: 1 dibandingkan dengan B8B 8,8: 1), intake manifold baru, dan sedikit lebih tinggi pada katup intake.

Pada tahun 2000, model Edisi Khusus diperkenalkan di Amerika Utara. SE menampilkan bumper dan cetakan samping berwarna tubuh, penutup ban cadangan berwarna tubuh, jok kulit, dek audio CD / kaset, kaca privasi belakang, sistem navigasi Navtech, dan aksen kisi-kisi krom. Sampai tahun 2001, CR-V terjual lebih dari kendaraan lain di kelasnya. 

Model Amerika Utara juga menerima warna eksterior baru termasuk Naples Gold Metallic dan Taffeta White. Electron Blue diperkenalkan pada tahun 2000 untuk menggantikan Submarine Blue Pearl, sedangkan Satin Silver Metallic menggantikan Sebring Silver Metallic pada tahun 2001. Namun, pada tahun itu, penjualan Ford Escape dan tiruannya, Mazda Tribute, melampaui CR-V.

Model spesifikasi tinggi Australia disebut "Sport". Itu ditambahkan pada saat facelift pertama dan termasuk bumper berwarna tubuh, cermin, pegangan pintu, dan penutup roda belakang keras. Ini juga termasuk velg, rel atap, dan sunroof kaca besar. CR-V menjadi SUV terlaris di negara itu pada tahun 2000, mengalahkan Toyota Land Cruiser untuk pertama kalinya.


Second generation (2002–2006)
CR-V generasi kedua adalah desain ulang penuh, berdasarkan Civic generasi ketujuh, dan ditenagai oleh mesin K24A1. Model Asia Tenggara menghasilkan 150 hp (112 kW) tenaga dan 190 N⋅m (140 lbf⋅ft) sementara versi Amerika Utara dari mesin baru menghasilkan 160 hp (119 kW) dan 190 N⋅m (140 lbf⋅ft) torsi. Sesuai peraturan SAE yang baru, mesin K24A1 Amerika Utara yang sama sekarang diberi peringkat 156 hp (116 kW) dan 160 lb⋅ft (217 N⋅m). CR-V baru mempertahankan ekonomi bahan bakar dari model sebelumnya karena sistem i-VTEC. 

Sasis baru ini meningkatkan kekakuan torsional dan tekukan, suspensi termasuk tautan kontrol kaki depan MacPherson struts dan wishbone ganda reaktif-tautan belakang; suspensi belakang yang ringkas meningkatkan ruang kargo menjadi 72 cu ft (2.000 l). CR-V generasi kedua adalah Best Small SUV majalah Car dan Driver untuk tahun 2002 dan 2003. CR-V generasi kedua di negara-negara di luar Amerika Utara kembali ditawarkan dalam varian "spesifikasi rendah" dan "spesifikasi tinggi", dengan yang terakhir menampilkan bumper dan perlengkapan berwarna tubuh. Itu juga sekarang tidak memerlukan palka kaca untuk dibuka sebelum pintu ayun. Perubahan antara model tahun 2002, 2003, dan 2004 adalah minor, yang melibatkan perluasan bin kompartemen pusat dan penambahan kunci daya pintu penumpang depan dalam dua tahun terakhir masing-masing.

Dilaporkan bahwa pada akhir 2003, Honda mengambil tindakan hukum terhadap Shuanghuan dari Cina dengan menuduh Laibao SRV-nya meniru desain eksterior CR-V. Produksi untuk Laibao SRV dimulai pada 2007 dan berakhir pada 2010. Pabrikan lain dari China membuat salinan mereka yang disebut Tianqi Meiya TM6480A.

Facelift
Pada 2005, CR-V menerima penyegaran pertengahan siklus. Roda 16 inci baru menggantikan versi 15 inci sebelumnya. Perubahan mencakup lampu belakang dan lampu baru dengan indikator yang jelas dan dua bola lampu H1 terpisah untuk balok rendah dan balok tinggi, pengaturan sebelumnya menggunakan bola lampu H4 tunggal untuk balok rendah dan tinggi. Lampu belakang sekarang menggunakan lensa bening dan bukan kuning untuk indikator belok. Kisi-kisi juga diubah; ia memiliki dua batang horizontal bukan satu. Desain bemper depan sedikit berubah, sekarang memiliki lampu kabut bulat dibandingkan dengan lampu kabut trapezium sebelumnya dan selain panggangan bawah ada dua batang horizontal bukan satu. Reflektor bumper belakang lebih panjang dan sempit.

Di bagian dalam mobil, trim EX menerima upgrade yang mencakup kontrol audio yang dipasang di roda kemudi, monitor suhu luar dan juga sunroof listrik. Sistem stereo juga siap untuk Radio Satelit XM (Amerika Serikat tetapi bukan Kanada). Semua model CR-V juga telah merevisi sandaran kepala kursi belakang, yang telah dirancang ulang untuk mengurangi penyumbatan tampilan belakang.

Secara mekanis, model 2005 juga berubah. Perubahan besar termasuk throttle drive-by-wire untuk semua CR-Vs. Sistem penggerak semua-roda ditingkatkan; telah disetel untuk mengaktifkan lebih cepat dalam situasi traksi rendah. Model pasar AS dilengkapi dengan lima kecepatan otomatis, yang bertentangan dengan empat kecepatan otomatis sebelumnya.

Di Amerika Serikat dan Kanada, semua 2005 MY dan CR-V yang lebih baru memiliki rem anti-lock, distribusi gaya rem elektronik, kontrol traksi dan Bantuan Stabilitas Kendaraan, airbag samping yang dipasang di kursi depan, dan airbag tirai samping dengan sensor rollover untuk semua penghuni.

Di Australia, facelift MY05 mulai dijual pada akhir 2004. Model dasar dibuat dengan hanya airbag ganda dan ABS sebagai perlengkapan standar, sedangkan Sport datang dengan airbag samping untuk pertama kalinya. Tirai airbag tidak tersedia pada model apa pun, hingga generasi berikutnya.

Mengikuti tradisi menambahkan trim level di atas EX selama refresh seperti CR-V generasi pertama, Honda menambahkan trim level SE untuk 2005 CR-V. CR-V SE menampilkan bumper yang dicat, cetakan sisi bodi, dan penutup ban serep yang berwarna tubuh. Untuk pengalaman yang lebih mewah, Honda menambahkan interior kulit, roda kemudi berbalut kulit, dan kaca spion samping serta kursi depan.

Third generation (2006–2011)
CR-V generasi ketiga mulai dijual di AS pada akhir September 2006 untuk model tahun 2007. Tidak seperti model sebelumnya, mobil ini memiliki liftgate belakang daripada pintu belakang bukaan samping dan ban cadangan tidak lagi terpasang di pintu belakang.

CR-V generasi ketiga ditenagai oleh mesin K-series 2.4L standar Honda L inline-four. Di pasar Amerika Utara, tenaga mesin ini diberi peringkat 166 hp (124 kW) pada 5.800 rpm dan 161 lb⋅ft (218 N⋅m) pada 4.200 rpm. Mesin diesel 2.2L i-CTDI ditawarkan di pasar Eropa dan Asia. 

Pasar Eropa CR-V memiliki mesin bensin R20A 2.0 L, berdasarkan pada mesin Honda R-series i-VTEC SOHC yang ditemukan di Honda Civic, sebagai lawan dari CR-V sebelumnya yang menawarkan K20A.

Facelift
Untuk model tahun 2010, CR-V menerima perubahan gaya, powertrain, dan peralatan. Perubahan meliputi fasia depan yang didesain ulang dengan kisi-kisi horizontal baru dan kisi-kisi depan bawah yang dirancang honeycomb, bumper depan baru, dan lampu ekor yang direvisi. Bumper belakang didesain ulang, serta velg 17-inci lima-spoke baru untuk model EX dan EX-L. 

Interior menerima perubahan kecil, termasuk kain jok, serta sandaran tangan pengemudi dan penumpang depan yang lebih luas. Kontrol unit kepala audio diubah dan lampu latar tampilan informasi dalam pengukur diubah menjadi biru, bukan hitam sebelumnya. 

Input audio USB menjadi standar pada trim EX-L sementara konektivitas Bluetooth hands-free eksklusif untuk trim EX-L yang dilengkapi dengan sistem navigasi. Pada 2011, trim SE tingkat menengah memulai debutnya dengan CD changer 6-cakram dan velg 17-inci 17-spoke yang berasal dari trim pra-facelift EX dan EX-L.

Fourth generation (2011–2016)
Konsep CR-V debut di Orange County International Auto Show pada September 2011, produksi 2012 CR-V memulai debutnya di 2011 Los Angeles Auto Show. CR-V mulai dijual di AS pada 15 Desember 2011.

Ditenagai dengan mesin 2.4-liter i-VTEC inline-four engine yang menghasilkan tenaga 185 hp dan 163 pon-kaki (220 Nm) pada 4.400 rpm bersama dengan all-new-wheel-drive (AWD) Real-Time all-new all-new (AWD) ) dengan sistem kontrol cerdas. Semua CR-V Amerika Utara dilengkapi dengan transmisi otomatis 5 kecepatan.

Facelift
Model tahun 2015 facelifted CR-V mulai dijual selama Oktober 2014. [16] CR-V menggunakan mesin Earth Dreams yang disuntikkan langsung dan kombinasi transmisi continuous variable transmission (CVT) pertama kali diperkenalkan pada Accord generasi kesembilan, EPA memperkirakan penghematan bahan bakar ditingkatkan + 4 / + 3 / + 3 mpg (kota / jalan raya / gabungan) . 

Struktur telah dimodifikasi untuk meningkatkan kinerja kecelakaan, terutama dalam uji crash offset kecil IIHS. Peredam kejut suspensi, pegas, batang anti-roll, dan lengan kontrol yang lebih rendah juga direvisi untuk meningkatkan kinerja pengendaraan, sementara rasio roda kemudi 15,6: 1 yang dikurangi dan penguat rem yang lebih besar memberikan kesan sporty.

Fifth generation (2017–present)
CR-V generasi kelima diluncurkan pada 13 Oktober 2016 di Detroit. Penjualan dimulai di AS pada 21 Desember 2016 sebagai model tahun 2017. Ia menggunakan platform global kompak Honda yang sama yang diperkenalkan pada Civic generasi kesepuluh. Honda mulai memproduksi CR-V di East Liberty, Ohio (ELP) pada November 2016 dan di Greensburg, Indiana (HMIN) selama Februari 2017. Kursi pengemudi menambah opsi lumbar listrik 4 arah. CR-V generasi kelima tersedia dalam varian 5-seater dan 7-seater.

Mesin dasarnya adalah Earth Dreams 2.4-liter I-4 engine dengan 184 hp (137 kW; 187 PS), ditawarkan 1,5-liter I-4 turbocharged dengan 190 hp (142 kW; 193 PS) ditawarkan. Mesin turbocharged menghasilkan torsi puncak pada 2.000 rpm-5.000 rpm sedangkan mesin yang disedot secara alami menghasilkan torsi puncak pada 3.900 rpm. Model AS dan Kanada hanya tersedia dengan transmisi variabel kontinu. Untuk model tahun 2020, Honda telah membuat standar mesin 1,5 liter pada semua level trim CR-V yang dijual di Amerika Serikat.

Paket Honda Sensing, yang mencakup fitur-fitur seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking (CMBS) dan Lane Keeping Assist (LKAS), merupakan standar pada EX dan trim di atas; paket ini sebelumnya disediakan untuk trim Touring sebelum rilis gen ke-5. Fitur keselamatan baru yang diperkenalkan meliputi: Blind Spot Information (BSI) dengan Rear Cross Traffic Monitor (CTM), menggantikan sistem LaneWatch dari CR-V generasi sebelumnya, dan lampu utama Auto High Beam (HSS). Honda Sensing adalah standar pada semua level trim CR-V untuk tahun 2020 dan menambahkan pengenalan rambu lalu lintas.

Lampu LED siang hari berjalan, velg 18 "dan rem parkir elektronik dengan fitur penahanan otomatis baru tersedia. Tambahan, fitur baru termasuk power lift-gate, sistem shutter grille aktif untuk mengurangi hambatan aerodinamis, Android Auto / Apple CarPlay pada Tampilan layar sentuh 7 inci dengan kenop volume, tampilan instrumen TFT 7 inci, dan lampu LED.

CR-V generasi kelima juga diluncurkan di Thailand pada 24 Maret 2017 dan di Indonesia pada 27 April 2017 di Indonesia International Motor Show ke-25. Model-model Indonesia mulai dijual pada 17 Juni 2017. Top trim model Indonesia (Prestige) dilengkapi dengan velg Modulo 5-spoke 18-inci yang tidak terlihat di pasar lain. Model-model ASEAN (tidak termasuk Indonesia) tersedia dengan opsi Honda i-DTEC 1.6 liter Honda turbodiesel (menghasilkan 160 tenaga kuda dan torsi 350Nm) dipasangkan dengan ZF 9HP yang dipasang secara otomatis dengan transmisi 9-speed otomatis 9-speed Mesin turbodiesel i-DTEC telah direvisi dari memiliki turbocharger variabel-nozzle tunggal dalam versi sebelumnya untuk memiliki dua turbocharger - satu untuk RPM rendah dan yang lain untuk RPM tinggi - untuk meminimalkan lag turbo. Ia menggunakan kepala silinder aluminium yang dipasangkan dengan blok silinder dek terbuka, dengan rok piston yang lebih pendek dan lebih tipis untuk mengurangi gesekan mekanis ke tingkat yang sebanding dengan mesin bensin. Itu dinamai 2018 Motor Trend SUV of the Year.

Di Filipina, mesin diesel 1,6 liter i-DTEC mengelola torsi 120 PS dan 300 Nm.

CR-V Hybrid diluncurkan pada 2017 Auto Shanghai di Cina selama April 2017.

CR-V generasi kelima juga diluncurkan di Jepang pada 30 Agustus 2018 dan mulai dijual pada hari berikutnya, menjadikannya kembalinya CR-V untuk pasar domestik Jepang setelah jeda dua tahun sejak CR-V generasi keempat V dihentikan di sana pada Agustus 2016. Itu sebelumnya ditampilkan pada 27 Oktober 2017 di Tokyo Motor Show 2017, diumumkan pada 29 September 2017.

Pada 2017, Honda Malaysia meluncurkan generasi kelima CR-V dengan empat level trim. Trim dasar adalah 2.0-liter i-VTEC (2WD), trim kedua adalah 1.5-liter mesin VTEC turbocharged (2WD), trim ketiga adalah 1.5-liter mesin VTEC turbocharged (4WD) dan trim model atas adalah 1.5-liter premium turbocharged dengan mesin VTEC (2WD). CR-V cukup lengkap, bahkan pada level model dasar. Peralatan standar di seluruh jajaran termasuk lampu LED otomatis dan DRL LED dan lampu kabut, jok kulit kombinasi hitam, penguncian pintu otomatis walk-away, entri tanpa kunci pintar dengan kunci kontak start, shifter dayung, AC zona ganda dan AC belakang ventilasi. Semua varian CR-V juga dilengkapi dengan sistem Audio Tampilan Tingkat Lanjut delapan speaker, tujuh inci dengan Apple CarPlay / Android Auto dan konektivitas telepon hands-free bersama dengan dua port USB dan HDMI depan. Mesin 2.0 liter i-VTEC dapat menghasilkan 154 PS pada 6.500 rpm dan 189 Nm pada 4.300 rpm, cukup baik untuk waktu 0-100 km / jam 11,3 detik dan kecepatan tertinggi 193 km / jam. Mesin VTEC 1,5 liter turbocharged dapat menghasilkan 193 PS pada 5.600 rpm dan torsi 243 Nm dari 2.000 hingga 5.000 rpm, Angka kinerja mencakup waktu 0-100 km / jam 8,8 detik untuk Turbo 2WD dan Turbo Premium 2WD, dan 9,2 detik untuk Turbo 4WD, dengan semuanya memiliki kecepatan tertinggi 200 km / jam yang sama. Trim 2.0 liter hadir dengan velg 17 inci dan ketiga trim turbocharged 1,5 liter hadir dengan velg 18 inci. 1.5L Turbo Premium 2WD menambahkan sinar tinggi otomatis, lampu menikung aktif, dan bak belakang bertenaga tinggi yang dapat disesuaikan, yang dapat diprogram untuk membuka ke ketinggian tertentu untuk kemudahan penggunaan. CR-V 1.5L Turbo Premium (2WD) range-topping adalah Honda pertama yang dijual di sini dengan paket Honda Sensing, yang menggunakan radar gelombang milimeter di gril dan kamera bermata yang diposisikan di bagian atas kaca depan untuk menyediakan sejumlah fitur keselamatan aktif baru. Setelah dua tahun meluncurkan Honda CR-V generasi kelima yang baru, Honda Malaysia baru saja meluncurkan Honda CR-V Mugen Limited Edition generasi kelima dengan hanya 300 unit yang tersedia berdasarkan varian 1.5L Turbocharged (2WD).

Facelift
Honda meluncurkan CR-V yang diperbarui pada 18 September 2019. Model yang diperbarui akan menjadi CR-V pertama yang dijual di Amerika Utara dengan powertrain hybrid. CR-V Hybrid akan menampilkan mesin bensin Atkinson-Cycle I4 2.0L dengan Sistem Integrated Motor Assist (IMA) Honda. Kendaraan itu akan dirakit di pabrik perakitan Honda Greensburg, Indiana (yang juga memproduksi CR-V hanya bensin standar) dan powertrain akan dirakit di Anna, Ohio. Mesin bensin I4 2.4L yang disedot secara alami yang sebelumnya mendukung mesin LX trim dasar telah dikeluarkan dari jajaran CR-V untuk tahun 2020, karena semua model CR-V (kecuali untuk CR-V Hybrid) sekarang akan ditenagai oleh mesin bensin I4 190-tenaga kuda, 1,5L turbocharged. Semua CR-V menggunakan CVT dan tersedia dengan sistem FWD atau Real Time 4WD Honda. CR-V yang hanya menggunakan bensin mulai dijual di dealer Honda di seluruh Amerika Utara mulai akhir musim gugur 2019, sedangkan CR-V Hybrid akan mulai dijual pada awal 2020 dan bersaing dengan model lain seperti Toyota RAV4 Hybrid dan Ford Escape Hybrid .

Perubahan lain untuk CR-V 2020 termasuk velg 19 inci lebih besar pada model Touring lini atas, didesain ulang velg 18 inci 18 (18 ") untuk trim EX dan EX-L, fasia depan yang direvisi dengan gril atas baru (yang juga dilengkapi lambang Honda 'H' garis-biru pada model CR-V Hybrid), side skirt yang direvisi dengan sisipan krom, bumper belakang baru dengan sisipan krom, CVT yang dikendalikan tombol tekan untuk model CR-V Hybrid , Lampu kabut depan LED pada kebanyakan model (kecuali pada trim LX dasar), opsi warna eksterior baru dan teknologi bantuan driver "Sensing Honda" standar untuk semua model. Belum ada harga yang diumumkan untuk CR-V 2020.

Varian pasar Cina dengan fasia depan dan belakang yang berbeda disebut Honda Breeze, yang diproduksi dan dijual oleh Guangqi Honda dan diluncurkan pada 18 Oktober 2019.

Varian pasar Thailand adalah suku cadang yang diganti termasuk Honda SENSING, charger nirkabel, USB Socket dan diluncurkan pada Maret 2020.

Sumber
https://en.wikipedia.org/wiki/Honda_CR-V


Comments