Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search
Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian
proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan
melalui mesin pencari menuju situs
web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
SEO merupakan salah satu cara untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo, dan Search Engine lainnya. Dengan melakukan SEO pada situs atau blog kita, sangat banyak memiliki Keuntungan, apalagi blog yang kita jalani adalah sebuat blog Bisnis yang digunakan untuk menghasilkan uang dari Internet. Dan berikut Pentingnya SEO untuk situs atau blog.
Apa Keuntungan SEO
Bagi Bisnis?
Untuk berkembang,
semua jenis bisnis / usaha harus mampu menghasilkan profit, ada berbagai macam
cara yang bisa dilakukan pengusaha untuk mendongkrak keuntungan perusahaan,
baik melalui strategi pemasaran offline maupun online (internet marketing).
Berikut adalah beberapa cara pemanfaatan SEO dalam memasarkan bisnis Anda
secara online :
–
Menghadirkan Traffic Potensial ke Website Anda
Sebagaimana
dijelaskan sebelumnya, bahwa website / blog yang teroptimasi dengan baik akan
memperoleh peringkat yang bagus di mesin pencarian (Google).
Semakin bagus posisi website di halaman pencarian Google, semakin
besar pula kemungkinan memperoleh pengunjung (visitor) potensial. Pengunjung
dunia maya inilah yang nantinya akan menjadi calon pelanggan potensial untuk
bisnis Anda.
– Meningkatkan
Brand Awareness
Brand Awareness
adalah kapabilitas calon konsumen untuk mengenal dan mengingat sebuah merek.
Dengan strategi manajemen SEO yang tepat, Brand Awareness bisnis Anda pun akan
cepat meningkat..
– Mendapatkan Data
Customer Anda dengan Gratis
Banyak pebisnis
online yang bersedia mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperoleh
database berupa alamat email, nomor ponsel atau alamat rumah calon pembeli
potensial maupun pelanggan bisnis mereka. Apa kegunaan database ini? Database
pelanggan dan calon pelanggan potensial memungkinkan bisnis Anda untuk tetap
terhubung dengan pelanggan Anda setiap saat untuk mempermudah proses
penyampaian informasi / promosi seperti peluncuran produk / fitur baru ataupun
penawaran promo untuk periode tertentu.
Apa saja yang dilakukan dalam kegiatan SEO?
Ada 2 macan
teknik SEO yaitu SEO on page dan SEO off page, apa itu SEO on page dan apa itu
SEO off page kita akan bahas dibawah ini.
Teknik SEO On Page
Teknik SEO
On Page adalah strategi yang diterapkan oleh para pemilik website atau blogger
dengan melibatkan elemen pada halaman dan rekayasa konten ke website atau blog
anda. Optimasi SEO On Page dapat kita lakukan dengan menambahkan beberapa
script kode pada website atau blog kita sendiri seperti memilih nama domain,
membuar artikel yang tidak copy paste atau asli dan berkualitas, menambahkan
keyword yang tepat sesuai dengan tema blog Anda.
Teknik SEO Off Page
Teknik ini
merupakan kebalikan dari teknik SEO on page, teknik SEO Off Page kita lakukan
diluar website atau blog kita, kita dapat melakukan SEO Off Page seperti
mengirimkan URL artikel baru kita ke search engine, submit link ke direktory
web, bergabung dengan forum, mencari backlink dari website atau blog yang
memiliki tema sama seperti website atau blog kita, membagikan artikel ke sosial
media, mengiklankan website atau blog anda, hal
tersebut yang dimaksud dengan teknik seo off page yang bisa kita lakukan untuk
mengoptimasi website yang kita kelola dan juga dapat membantu kita untuk
menambahkan pengunjung yang ingin berkunjung pada blog yang kita kelola.
Jika anda baru
mengenal SEO, ada 10 istilah di SEO yang perlu anda ketahui. Pelajari dan
tingkatkan pengetahuan anda tentang SEO dengan 10 istilah penting berikut ini.
Anchor text – Anchor
text adalah istilah di SEO untuk teks hyperlink, artinya
suatu teks yang terhubung dengan link.
Title tag –
Sebuah title tag (judul) atau halaman judul dengan
bentuk tag di html seperti ini: <titile>. Title
tag menunjukkan judul suatu halaman dan juga bisa dilihat di tab pada browser anda
atau bahasa sederhananya adalah headline di hasil pencarian.
Meta
description – Meta description termasuk
bagian dari html, tetapi tujuannya adalah untuk menggambarkan/menjelaskan suatu
halaman. Meta description tidak berefek pada ranking di search
engine, tetapi ini bisa membantu anda untuk meningkatkan tingkat klik ke
website anda karena meta description bisa muncul di hasil
pencarian.
301
redirect – Ketika anda menghapus halaman atau mengubah URL, mereka tidak
hanya menghilang dari dunia digital. Jadi ketika user mencari
suatu URL yang sudah tidak ada lagi, mereka akan menerima hasil 404
error, atau halaman “Not Found”. Untuk menghindari kebingungan dan untuk
memberikan ranking dari halaman yang hilang tersebut, cara terbaiknya adalah
dengan menggunakan 301 redirect. 301 redirect akan
kembali mengarahkan user dan search engine dari
URL yang lama ke halaman yang aktif saat ini.
SERP – SERP
adalah singkatan dari Search Engine Results Page. SERP adalah
sesuatu yang anda dapat ketika mengetik suatu pertanyaan atau kata-kata
di search engine. Pada dasarnya, ini adalah halaman hasil ketika
anda mencari di search engine.
Keyword – Keyword (kata
kunci) adalah istilah yang banyak digunakan di SEO. Sebuah keywordatau
frase keyword adalah sebuah kata atau sekelompok kata yang
mecontohkan suatu brand, baik itu layanannya maupun produknya.
Indexing – Indexing adalah
proses search engine untuk mengumpulkan dan menyimpan data di
seluruh web. Search engine secara terus-menerus akan
menjelajahi web untuk menambahkan halaman terbaru ke database informasinya
yang sangat besar. Ketika search engine menemukan halaman
baru, mereka mengindeksnya, artinya mereka menambahkan salinannya ke databasemereka,
agar mereka bisa mengambilnya kembali selama pencarian.
Link – Ada
dua jenis link yang akan anda dengar dalam pembicaraan tentang
SEO. Internal dan eksternal. Link internal adalah link yang
muncul antara halaman-halaman di dalam website anda. Untuk contohnya,
semua link di navigasi website anda adalah link internal.
Sedangkan link eksternal adalah link yang
datang atau pergi dari website anda, baik dari seseorang yang mempunyai link ke
website anda atau anda mempunyai link ke website orang lain.
Rel=”author” – Google
Authorship, atau juga dikenal sebagai rel=”author” adalah sebuah tagyang
digunakan untuk menghubungkan penulis dengan profil Google+ mereka. Ini
bisa membantu untuk meletakkan wajah dibalik brand anda, bisa
membantu meningkatkan tingkat klik di search engine, mempromosikan
opini dan bisa dianggap sebagai sinyal ranking bagi Google.
Canonical
URL – Canonical URL digunakan dalam kasus dimana ada
konten yang duplikat. Anggap saja anda menjual sebuah produk yang mempunyai
beberapa warna yang berbeda, dan anda memiliki halaman untuk setiap warna
tersebut.
Semoga bermanfaat.
(Disadur dari berbagai sumber)
Comments
Post a Comment