Mengenal Search Engine Optimization

Optimisasi mesin pencari (bahasa InggrisSearch Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 

SEO merupakan salah satu cara untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo, dan Search Engine lainnya. Dengan melakukan SEO pada situs atau blog kita, sangat banyak memiliki Keuntungan, apalagi blog yang kita jalani adalah sebuat blog Bisnis yang digunakan untuk menghasilkan uang dari Internet. Dan berikut Pentingnya SEO untuk situs atau blog.

Apa Keuntungan SEO Bagi Bisnis?
Untuk berkembang, semua jenis bisnis / usaha harus mampu menghasilkan profit, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan pengusaha untuk mendongkrak keuntungan perusahaan, baik melalui strategi pemasaran offline maupun online (internet marketing). Berikut adalah beberapa cara pemanfaatan SEO dalam memasarkan bisnis Anda secara online :
– Menghadirkan Traffic Potensial ke Website Anda
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa website / blog yang teroptimasi dengan baik akan memperoleh peringkat yang bagus di mesin pencarian (Google). Semakin bagus posisi website di halaman pencarian Google,  semakin besar pula kemungkinan memperoleh pengunjung (visitor) potensial. Pengunjung dunia maya inilah yang nantinya akan menjadi calon pelanggan potensial untuk bisnis Anda.

– Meningkatkan Brand Awareness
Brand Awareness adalah kapabilitas calon konsumen untuk mengenal dan mengingat sebuah merek. Dengan strategi manajemen SEO yang tepat, Brand Awareness bisnis Anda pun akan cepat meningkat..

– Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pebisnis online yang bersedia mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperoleh database berupa alamat email, nomor ponsel atau alamat rumah calon pembeli potensial maupun pelanggan bisnis mereka. Apa kegunaan database ini? Database pelanggan dan calon pelanggan potensial memungkinkan bisnis Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda setiap saat untuk mempermudah proses penyampaian informasi / promosi seperti peluncuran produk / fitur baru ataupun penawaran promo untuk periode tertentu.

Apa saja yang dilakukan dalam kegiatan SEO?
Ada 2 macan teknik SEO yaitu SEO on page dan SEO off page, apa itu SEO on page dan apa itu SEO off page kita akan bahas dibawah ini.

Teknik SEO On Page
Teknik SEO On Page adalah strategi yang diterapkan oleh para pemilik website atau blogger dengan melibatkan elemen pada halaman dan rekayasa konten ke website atau blog anda. Optimasi SEO On Page dapat kita lakukan dengan menambahkan beberapa script kode pada website atau blog kita sendiri seperti memilih nama domain, membuar artikel yang tidak copy paste atau asli dan berkualitas, menambahkan
keyword yang tepat sesuai dengan tema blog Anda.

Teknik SEO Off Page
Teknik ini merupakan kebalikan dari teknik SEO on page, teknik SEO Off Page kita lakukan diluar website atau blog kita, kita dapat melakukan SEO Off Page seperti mengirimkan URL artikel baru kita ke search engine, submit link ke direktory web, bergabung dengan forum, mencari backlink dari website atau blog yang memiliki tema sama seperti website atau blog kita, membagikan artikel ke sosial mediamengiklankan website atau blog anda, hal tersebut yang dimaksud dengan teknik seo off page yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi website yang kita kelola dan juga dapat membantu kita untuk menambahkan pengunjung yang ingin berkunjung pada blog yang kita kelola.

Jika anda baru mengenal SEO, ada 10 istilah di SEO yang perlu anda ketahui. Pelajari dan tingkatkan pengetahuan anda tentang SEO dengan 10 istilah penting berikut ini.

Anchor text – Anchor text adalah istilah di SEO untuk teks hyperlink, artinya suatu teks yang terhubung dengan link.

Title tag – Sebuah title tag (judul) atau halaman judul dengan bentuk tag di html seperti ini: <titile>. Title tag menunjukkan judul suatu halaman dan juga bisa dilihat di tab pada browser anda atau bahasa sederhananya adalah headline di hasil pencarian.

Meta description – Meta description termasuk bagian dari html, tetapi tujuannya adalah untuk menggambarkan/menjelaskan suatu halaman. Meta description tidak berefek pada ranking di search engine, tetapi ini bisa membantu anda untuk meningkatkan tingkat klik ke website anda karena meta description bisa muncul di hasil pencarian.

301 redirect – Ketika anda menghapus halaman atau mengubah URL, mereka tidak hanya menghilang dari dunia digital. Jadi ketika user mencari suatu URL yang sudah tidak ada lagi, mereka akan menerima hasil 404 error, atau halaman “Not Found”. Untuk menghindari kebingungan dan untuk memberikan ranking dari halaman yang hilang tersebut, cara terbaiknya adalah dengan menggunakan 301 redirect301 redirect akan kembali mengarahkan user dan search engine dari URL yang lama ke halaman yang aktif saat ini.

SERP – SERP adalah singkatan dari Search Engine Results Page. SERP adalah sesuatu yang anda dapat ketika mengetik suatu pertanyaan atau kata-kata di search engine. Pada dasarnya, ini adalah halaman hasil ketika anda mencari di search engine.

Keyword – Keyword (kata kunci) adalah istilah yang banyak digunakan di SEO. Sebuah keywordatau frase keyword adalah sebuah kata atau sekelompok kata yang mecontohkan suatu brand, baik itu layanannya maupun produknya.

Indexing – Indexing adalah proses search engine untuk mengumpulkan dan menyimpan data di seluruh web. Search engine secara terus-menerus akan menjelajahi web untuk menambahkan halaman terbaru ke database informasinya yang sangat besar. Ketika search engine menemukan halaman baru, mereka mengindeksnya, artinya mereka menambahkan salinannya ke databasemereka, agar mereka bisa mengambilnya kembali selama pencarian.

Link – Ada dua jenis link yang akan anda dengar dalam pembicaraan tentang SEO. Internal dan eksternal. Link internal adalah link yang muncul antara halaman-halaman di dalam website anda. Untuk contohnya, semua link di navigasi website anda adalah link internal. Sedangkan link eksternal adalah link yang datang atau pergi dari website anda, baik dari seseorang yang mempunyai link ke website anda atau anda mempunyai link ke website orang lain.

Rel=”author” – Google Authorship, atau juga dikenal sebagai rel=”author” adalah sebuah tagyang digunakan untuk  menghubungkan penulis dengan profil Google+ mereka. Ini bisa membantu untuk meletakkan wajah dibalik brand anda, bisa membantu meningkatkan tingkat klik di search engine, mempromosikan opini dan bisa dianggap sebagai sinyal ranking bagi Google.

Canonical URL – Canonical URL digunakan dalam kasus dimana ada konten yang duplikat. Anggap saja anda menjual sebuah produk yang mempunyai beberapa warna yang berbeda, dan anda memiliki halaman untuk setiap warna tersebut.

Semoga bermanfaat.


(Disadur dari berbagai sumber)

Comments